Vitamin Penting Buat Kesehatan Mata

Vitamin Penting Buat Kesehatan Mata

Manjadi anak IT (baca : aiti), menjaga kesehatan mata tentunya menjadi suatu keharusan. Apalagi jika profesi kamu di bidang programming, tentunya semua aktivitas programming berada di depan layar komputer yang memicu mata kamu untuk terus bekerja ekstra di depan cahaya yang dikeluarkan oleh LCD/monitor komputer.

Kebanyakan para pekerja di bidang TI menggunakan kacamata. Kenapa ?.. ya tentu karena dibarengi dengan pola hidup yang kurang sehat serta kurangnya kesadaran untuk menjaga mata.

Berikut ini jenis2 makanan yang WAJIB kamu konsumsi selaku anak2 IT yang selalu aktif di depan komputer. 🙂

  1. Telur
    Telur mengandung sumber nutrisi yang baik untuk mata seperti vitamin A, zinc, lutein, B12, vitamin D, dan cysteine. Lutein dan zeaxanthin yang ditemukan dalam putih telur merupakan antioksidan terbaik untuk mencegah degenerasi makular dan katarak.

    Banyak olahan telur yang bisa dinikmati kok gans.. misalnya burger, atau semur telur, dll Kan lezat tuh ?.. hehehe…

  2. Bayam
    Sama halnya seperti telur, bayam juga banyak mengandung lutein dan zeaxanthin. Selain itu kandungan vitamin C-nya juga mampu mencegah glaukoma.

    Tau glaukoma kan gan?.. penyakit yang menyebabkan mata rabuh, lama kelamaan menjadi buta. Serem gan… lagian bayam enak kok gan.. kalau saya sukanya di tumis. 🙂

  3. Bawang putih
    Bawang putih mengandung selenium, vitamin C, vitamin B1, quercetin, dan glutathione yang berfungsi melindungi lensa mata terhadap radikal bebas seperti sinar UV. Bawang putih juga dapat menjaga sirkulasi darah sehingga memperkuat sel-sel optik dan daya tahan tubuh.

    Ini penting bgt gan.. bawang putih ini juga bergungsi sebagai antivirus. Biasanya di sayuran saya sering campurin bawang putih yang banyak. enak gan.. jadi harumm..

  4. Salmon
    Ikan yang satu ini mengandung lebih banyak omega-3 dibanding jenis ikan dan makanan laut lainnya. Studi menunjukan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi asam lemak omega-3 akan terhindar dari gangguan mata kering.

    Memang harganya sedikit lebih mahal gan.. tapi ini baik bgt. Kapsul minyak ikan juga bisa jadi alternatif gan.. buat agan2 yang “agak kerepotan” untuk mengkonsumsi salmon.

  5. Biji bunga matahari
    Kandungan selenium, vitamin E, dan zinc-nya mampu mencegah penyakit katarak dan degenerasi makular yang disebabkan oleh penuaan. Ia juga mengandung vitamin B2 untuk mengatasi penyakit photophobia (sensitivitas mata terhadap cahaya).

    Nggak sulit kan nyari biji bunga matahari alias KUACI. Jajanan murah meriah itu gan.. yang makannya bikin pegel tapi menyenangkan. 😀

  6. Wortel
    Semua tentu tahu wortel sangat baik untuk kesehatan mata karena kaya akan beta-karoten. Beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang berperan penting untuk mata. Wortel juga bisa membantu tubuh melepaskan radikal bebas.

    Cara alternatif mengkonsumsi wortel yaitu dengan jus. beberapa batang wortel + nenas secukupnya + perasan air jeruk nipis/lemon dijamin enak gan.. saya udah coba !

  7. Alpukat
    Alpukat memiliki kandungan lutein paling banyak dari buah lainnya. Lutein penting untuk mencegah degenerasi makular dan katarak. Alpukat berperan pula sebagai penyerap nutrisi penting seperti alfa dan beta-karoten untuk membentuk vitamin A sehingga mampu diserap tubuh dengan baik.

    Nggak sulit kok mengkonsumsi buah yang satu ini. 1 buah pokat + susu kental manis putih + garam seujung jari, bakalan lezat bgt. Saya menghabiskan hampir 5KG alpukat/bulan gan..
    Selain baik untuk mata, alpukat juga mampu menjaga kesehatan otak, & menjaga kesehatan sperma kita gan.. Komplit banget nggak tuh manfaat si alpukat ini.. hihihi…

  8. Tomat
    Tomat baik untuk kesehatan kulit, namun juga punya banyak manfaat untuk mata. Tomat kaya vitamin A, vitamin C dan lycopene, tiga nutrisi yang sangat penting untuk mata.

    Cukup di jus dengan sedikit gula + es batu, seger banget gan !.

  9. Kol
    Sayuran yang satu ini baik untuk merawat mata karena kandungan nutrisinya sama seperti bayam yaitu lutein dan zeaxanthin. Kedua nutrisi ini fungsinya seperti ‘sunglasses’ yang melindungi mata terhadap pancaran sinar ultraviolet. Tak hanya itu, mengkonsumsi kol terbukti dapat menurunkan resiko terkena katarak hingga 22%.

    Kol juga banyak jenis yang punya sumber vitamin yang beraneka ragam gan.. Mengkonsumsi kol biasanya di sayur, tumis, atau campuran mie.

  10. Cokelat Hitam
    Cokelat hitam atau dark chocolate ternyata dapat meningkatkan ketajaman penglihatan. Ia mengandung flavonoid yang melindungi pembuluh darah mata sehingga secara otomatis memperkuat kornea dan retina. Jadi bagi Anda yang tidak menyukai wortel, mengkonsumsi dark chocolate murni bisa menjadi pilihan.

    Bagi kamu yang punya masalah berat badan, sepertinya dark chocolate tidak masalah, karena dark chocolate mengandung sangat sedikit gula.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply