Tips Menjaga Kesehatan Tulang

Tips Menjaga Kesehatan Tulang

Yuk Mencegah Gangguan Osteoporosis pada Tulang Kita

Sudah tahu donk apa fungsi tulang? Tulang memang merupakan salah satu bagian tubuh yang paling penting untuk manusia. Dengan tulang, manusia bisa berdiri tegak, bisa mendapatkan bentuk tubuh, dan juga bisa bergerak dengan leluasa. Tulang juga jadi tempat melekatnya otot, serta jadi pelindung organ tubuh penting lain di dalam tubuh loh.
Karena fungsinya yang begitu besar ini, maka kesehatan tulang memang sangat penting untuk dijaga loh. Bayangkan saja kalau tulang kita bermasalah dan keropos? Hmm, tak hanya rasa sakit saja yang menyerang, tapi segala aktivitas kita bisa terganggu loh. Bahkan, bisa jadi hanyab berdiri atau memegang gelas saja jadi pekerjaan sulit loh.
Salah satu masalah paling umum yang dialami pada tulang adalah keropos tulang atau yang lebih dikenal dengan osteoporosis. Osteorporosis adalah salah jenis gangguan kesehatan tulang dimana kondisi tulang memiliki massa tulang ang rendah sehingga tulang jadi rapuh, sehingga mudah patah.
Penyebab gangguan kesehatan tulang
Penyebab osteoporosis ini bisa macam – macam loh. Menurut dr Elfida Zulkarnain, Herbalis Pendiri Klinik Interzone yang dimuat dalam Majalah Aulia, keropos tulang ini disebabkan oleh beberapa faktor yakni :
ü  Kurangnya asupan kalsium dan vitamin D
ü  Berkurangnya hormon esterogen pada wanita
ü  Adanya penyakit seperti rematik sendi atau kanker tulang atau benturan keras pada tulang.
ü  Aktivitas harian yang kurang baik untuk tulang. Misalnya jika Anda duduk terlalu lama dalam satu posisi tertentu. Hal ini bisa membuat aliran darah dan energi jadi terhambat yang akhirnya juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan tulang.
Tips Menjaga Kesehatan Tulang
Cara mencegah osteoporsis
Nah, lantas apa donk yang bisa kita lakukan untuk mencegah osteoporosis atau mencegah gangguan kesehatan pada tulang agar tetap sehat dan kuat sampai tua? Ada kog tipsnya dari dr Elfida. Ini nih beberapa cara mencegah osteoporosis yang bisa kita coba.
1. Konsumsi makanan sehat untuk tulang
Makanan sehat untuk tulang? Yap. Tulang butuh asupan nutrisi yang bisa menjaga kondisinya tetap sehat. Makanan yang diperlukan tulang adalah makanan dengan kandungan kalsium tinggi, vitamin D, serta zat kapur. Nah hal ini bisa didapatkan dari kacang – kacangan dan juga sayuran hijau.
2. Olahraga cukup dan sinar matahari cukup
Sinar matahari yang cukup di pagi hari kaya vitamin D loh. Jadi, kita bisa memanfaatkannya untuk terapi tulang. Selain itu, olahraga yang cukup juga sangat baik untuk kesehatan dan kekuatan tulang.
Dengan gerakan olahraga mulai dari yang ringan saja, cukup efektif untuk menjaga kelenturan tulang, elastisitas tubuh, serta memperbaiki posisi tulang. Selain itu, ada juga gerakan yang bisa membantu melancarkan kembali aliran darah dari kepala sampai kaki.
3. Tambah dengan obat herbal untuk tulang
Ada juga obat herbal untuk tulang yang bisa kita coba loh. Obat herbal ini dapat dibuat dari daun pegagan atau yang punya nama ilmiah cantella asiatica [L] urban. Eits, meski ini obat herbal, tapi rasanya manis loh. Pegagan punya sifat tonik dan juga anti rematik sehingga baik untuk kesehatan tulang.
Selain itu, pegagan juga merupakan tubuhan obat yang manjur untuk meremajakan sel, termasuk juga sel – sel pada tulang kita. Kita bisa menikmati pegagan dalam bentuk lalapan, kapsul atau pun teh.
Kalau mau dibuat teh, caranya mudah. cukup siapkan 30 sampai 60 gram daun pegagan segar, lalu rebus dengan menggunakan 3 gelas air. Rebus terus sampai airnya tinggal 1 gelas, kemudian saring dan minum 2 x ½ gelas setiap hari.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply