Sudah Tahu Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami, Mudah dan Cepat?

Sudah Tahu Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami, Mudah dan Cepat?

Yuk Kita Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami Ini

Lagi – lagi, ketombe jadi masalah yang super menyebalkan. Sudah pasti, keberadaan ketombe ini jadi sangat mengganggu penampilan siapa pun bukan? Ketombe membuat rambut jadi kotor, bau, gatal dan bahkan bisa memicu masalah rambut rontok juga.
Kalau kamu termasuk pemilik rambut dengan ketombe membandel, kamu bisa coba cara menghilangkan ketombe secara alami, mudah dan sekaligus cepat. Ow ya, satu lagi, cara ini pun aman loh, karena kamu bisa menggunakan bahan- bahan alami dari alam.
Apa saja penyebab ketombe?
Parahnya, ketombe seringkali diidentikkan kalau si pemilik rambut tidak benar – benar merawat rambut yang dimilikinya dengan baik. Tentu kamu tak ingin donk dibilang jorok dan kotor lantaran ketombe?
Padahal, penyebab munculnya ketombe bisa beragam loh, dan tak melulu karena kurang menjaga kebersihan. Misalnya saja penyebab ketombe bisa karena memang tipe rambutnya yang memang sangat mudah berminyak, faktor hormonal, karena faktor makanan, regenerasi kulit yang terlalu cepat, kelainan saraf, sampai stress juga karena akibat lain.
Apa itu ketombe?
Ketombe atau pitriasis sika (dandruff) ini sebetulnya adalah pengelupasan sel – sel kulit mati akibat pertumbuhan kulit secara berlebihan. Pengelupasan sel kulit mati yang normal sih biasanya terjadi sekitar 28 hingga 30 hari. Tapi, pada ketombe ini, pengelupasan sel kulit mati ini jadi lebih agresif karena terjadi dalam dua minggu saja.
Pada sebagian besar orang, ketombe ini bersifat kambuhan loh. Jadi, kamu butuh cara agar ketombe tidak muncul lagi. Jaga kesehatan dan kebersihan adalah hal utama. Tapi kalau masih muncul, coba saja cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami yang lebih aman bila kamu gunakan berkali – kali sekalipun, dan sekaligus sih juga lebih hemat.

Baca juga : Empat Langkah Praktis Rambut Sehat dan Kuat

Apa tanda – tanda rambut berketombe?
Kadang, ada juga loh yang ragu apakah rambutnya punya masalah ketombe atau tidak. Supaya lebih tahu, kenali dulu tanda – tanda rambut ketombe yang biasanya dapat dilihat dari kulit kepala yang bersisik, sehingga terdapat dech serpihan – serpihana kecil berwarna putih atau kelabu.
Nah, bila hal ini muncul, biasanya disertai juga dengan rasa gatal dan juga bisa diikuti kerontokan rambut lantaran kesehatan rambut yang terganggu. Karena terasa gatal, biasanya hal ini akan memicu tindakan untuk menggaruk kulit kepala yang berketombe. Padahal, kamu tak boleh menggaruknya loh.
Menggaruk ketombe justru akan membuat ketombe melekat di batang rambut atau bahkan jatuh. Nah, ketombe yang melekat pada rambut inilah yang kemudian bisa membuat rambut jadi rontok. Karenanya, bila kamu diserang si jahil ketombe, harus segera diatasi ya,
Ada kog cara menghilangkan ketombe secara alami. Cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami ini sangat praktis sekaligus efektif kog. Yuk, simak tips yang diberikan oleh Majalah Nyata ini.
cara menghilangkan ketombe secara alami
Menghilangkan ketombe dengan jus apel
Jus apel? Hmm, sayang ya kalau jus lezat ini cuma ditempel di kepala? Memang lezat sih, tapi tunda dulu minumnya, dan gunakan sabagai langkah menghilangkan ketombe ya. Buah – buahan seperti apel memang kaya anti oksidan. Jadi, bisa pas untuk merawat kecantikan, sekaligus mengatasi ketombe.
Caranya :
1.      Ambil 2 hingga 3 buah apel. Ambil sarinya dengan cara mengekstrak apel dengan juicer.
2.      Ambil dua sendok makan ekstrak apel, lalu tambahkan dengan dua sendok makan air hangat. Aduk perlahan sampai rata.
3.      Oleskan pada rambut dan kulit kepala disertai dengan pemijatan ringat.
4.      Biarkan 15 hingga 20 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih.
Menghilangkan ketombe dengan apel bisa kamu lakukan setiap seminggu sekali secara rutin ya. Setelah tiga minggu, rasakan ketombe kamu yang sudah mulai terusir.
Menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis
Jeruk nipis bisa jadi salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami yang paling jitu. Jeruk nipis kaya akan kandungan triterpeneoid dan minyak atsiri yang mampu mengontrol keberadaan ketombe loh.
Jeruk nipis juga mampu melunturkan minyak atau sebum di kulit kepala. Dengan peranan penting ini, jeruk nipis pun bisa cukup ampuh dalam mengusir sarang jamur di kulit kepala. Apalagi, jeruk nipis juga punya efek menyegarkan dan nyaman di kulit kepala yang berketombe yang gatal.
Sebagai bonusnya, buah yang kaya vitamin C ini juga bisa membuat rambut kamu jadi sehat dan cantik berkilau. Menarik bukan? Ini nih cara menghilangkan ketombe secara alami dengan jeruk nipis :
1.      Ambil 100 mililiter air perasan jeruk nipis, 100 ml santan, dan 100 ml air dari sari buah nanas.
2.      Campurkan semua bahan ini, kemudian aduk hingga tercampur rata.
3.      Ramuan ini bisa kamu oleskan ke kulit kepala sehabis keramas. Diamkan sejenak, lalu keramas lagi untuk membersihkan ramuan ini dari kulit kepala.
Menghilangkan ketombe dengan bawang merah
Satu lagi cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami yang bisa kamu manfaatkan adalah dengan bawang merah. Bawang merah mengandung sulfur yang efektif sebagai anti ketombe loh. Jadi, cukup ampuh buat kamu.
Caranya :
1.      Siapkan tiga hingga empat siung bawang merah. Kupas kulitnya kemudian parut atau bisa juga ditumbuk hingga halus.
2.      Parutan bawang merah ini kemudian bisa dioleskan pada kulit kepala sambil digosok perlahan selama sekitar 5 menit.
3.      Segera bilas rambut dengan air hangat hingga bersih.
Perawatan ini bisa kamu lakukan seminggu sekali agar hasilnya lebih optimal. Namun, perhatikan juga efeknya pada rambut Anda, apakah terjadi kerontokan atau tidak. Bila rambut mengalami rontok lebih banyak, maka sebaiknya hentikan, karena Anda mungkin tak cocok dengan ramuan ini.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply