Resep Risotto Beras Merah dengan Mint dan Kacang Polong yang Lezat dan Sehat

Resep Risotto Beras Merah dengan Mint dan Kacang Polong yang Lezat dan Sehat

Nikmati Makanan Sehat dari Paduan Beras Merah, Mint dan Kacang Polong

Resep satu ini adalah paduan eksotis antara ras mint yang segar dan kacang polong yang gurih sehingga menghasilkan rasa yang super lezat. Tak hanya lezat, istimewanya resep risotto beras merah dengan mint dan kacang polong ini adalah pada kandungan gizi atau nutrisinya yang lengkap. Jadi, resep ini bisa dibilang resep sehat yang sangat baik untuk tubuh.
Kacang – kacangan dan biji – bijian kaya dengan aneka zat gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh dan otak. Makanan ini merupakan sumber utama protein, mineral dan asam lemak omega 6 yang merupakan salah satu kelompok asam lemak essensial.
Karena mengandung aneka zat gizi unik, maka kita perlu mengkonsumsi campuran dari jenis kacang dan biji agar bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal. Sebagian besar jenis kacang dan biji memang tinggi kandungan lemak jenuhnya, akan tetapi, porsi yan tepat dari kacang dan biji – bijian dalam sehari bisa memberikan asupan gizi yang penting tanpa lemak yang berlebihan.
Selain itu, beras merah sendiri juga mengandung karbohidrat kompleks serta serat yang tinggi sehingga baik untuk pencernaan. Karbohidrat kompleks dalam beras merah dapat membantu menjaga kadar gula dalam darah menjadi lebih stabil karena proses pelepasan gula dari jenis biji – bijian ini dilakukan secara lambat.
Resep risotto beras merah dengan mint dan kacang polong
Bahan yang diperlukan untuk membuat risotto beras merah dengan mint dan kacang polong :
1.      1 buah bawang bombai (cincang halus)
2.      2 siung bawang putih
3.      3 sendok makan minyak zaitun
4.      250 gram beras merah
5.      900 ml kaldu sayur atau air
6.      175 gram kacang polong
7.      2 sendok makan daun mint cincang (dirobek – robek)
8.      4 sendok makan keju parmesan parut
9.      Garam secukupnya
10.  Lada hitam butiran yang dihaluskan secukupnya
Bahan yang diperlukan untuk penyajian :
11.  Keju parmesan parut
12.  Minyak zaitun extra virgin
Resep Risotto Beras Merah
Cara memasak risotto beras merah dengan mint dan kacang polong :
1.      Pertama – tama siapkan seluruh bahan yang diperlukan. Lalu, ambil bawang bombai dan tumis bersama dengan bawang putih dan minyak zaitun. Aduk – aduk perlahan hingga lunak dan berwarna kuning kecoklatan. Saat menumis, gunakan api kecil agar bawang putih tidak mudah gosong.
2.      Selanjutnya, gunakan beras merah, dan aduk rata hingga seluruhnya terselimuti oleh minyak.
3.      Kemudian, tambahkan kaldu atau air dan didihkan. Kecilkan api, kemudian tutupi wajan dan teruskan memasak hingga sekitar 20 menit.
4.      Lalu, tambahkan kacang polong ke dalam wajan dan bumbui dengan garam dan lada butiran yang sudah dihaluskan. Apabila beras masih terlalu keras, maka bisa ditambahkan lagi sedikit air. Kemudian, tutup panci dan teruskan memasak selama kurang lebih 10 menit atau hingga beras menjadi lunak.
5.      Cicipi bila terdapat bumbu yang kurang dan bisa ditambahkan lagi garam atau merica agar rasanya lebih pas. Kemudian, masukkan daun mint dan keju parmesan ke dalam panci. Angkat dari atas api lalu biarkan tetap di dalam wajan yang tertutup. Masak selama 5 menit
6.      Risotto beras merah dengan mint dan kacang polong pun sudah siap untuk disajikan bersama keju parmesan ekstra dan minyak zaitun. Sajian ini juga cocok dinikmati bersama dengan salad sayuran hijau yang segar.
Sumber : Parreta, Lorraine. 2003. Bikini Fit by Hamlyn Octopus. London: Octopus Publishing Group.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply