Resep Minuman Bajigur yang Kaya Manfaat Kesehatan

Resep Minuman Bajigur yang Kaya Manfaat Kesehatan

Nikmati Bajigur untuk Pencernaan Sehat dan Sejuta Manfaat Sehat Lainnya

Ketika hujan turun, tak ada yang lebih nikmat dari mengobrol santai sambil meneguk minuman hangat khas nusantara. Indonesia memang kaya akan berbagai minuman khas yang nikmat. Tak hanya nikmat, aneka minuman nusantara yang berbahan herbal pun kaya akan sejuta manfaat kesehatan.
Misalnya saja seperti sekoteng, teh rosella, serbat, secang, bandrek, dan juga bajigur. Aneka minuman hangat dari herbal ini bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi, meminumnya secara rutin setiap hari malah bisa membuat kamu lebih sehat loh.
Nah, bagi kamu yang suka minuman hangat herbal yang kaya manfaat kesehatan ini, berikut ada resep minuman herbal yang menarik buat kamu, yakni resep minuman bajigur. Kamu bisa membuat sendiri minuman bajigur ini tanpa menggunakan bahan kimia apa pun sehingga manfaat kesehatan pun bisa lebih maksimal.
Seperti apa itu Bajigur?
Bajigur adalah salah satu minuman tradisional favorit yang berasal dari Jawa Tengah. Bajigur terbuat dari bahan utama jahe sehingga ketika cuaca dingin, bajigur terbukti mampu menghangatkan tubuh. Jahe memang kaya akan sejuta manfaat.
Selain terbuat dari jahe, bajigur juga mengandung santan, gula merah, pandan dan juga bubuk kopi. Paduan rasa dari aneka bahan yang terdapat dalam bajigur ini sangat nikmat dan terasa lumer di mulut.
Apa manfaat kesehatan dari Bajigur?
Karena mengandung jahe sebagai bahan utamanya, bajigur juga memiliki manfaat kesehatan dari jahe. Dari berbagai penelitian, diungkapkan bahwa minyak atsiri yang terkandung dalam jahe memiliki manfaat antikuman.
Selain itu, jahe juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan saluran cerna. Karenanya, meminum jahe secara rutin dapat membantu kamu agar tidak mudah terkena gangguan pencernaan seperti perut kembung.
Lebih lanjut, peneliti India juga telah membuktikan bahwa Jehe memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Sedangkan dari hasil uji coba yang dilakukan oleh peneliti Jepang, diungkapkan pula bahwa jahe juga bisa menjadi penghilang rasa sakit, penurun tekanan darah, sekaligus juga bisa merangsang kerja jantung agar lebih baik.
Sudah berabad – abad lalu bahkan, jahe dijadikan sebagai obat anti mual. Hal ini dilakukan oleh para nelayan Hongkong yang sejak dulu selalu mengunyah jahe yang diawetkan sebagai obat pencegah mual lantaran mabuk laut.
Bahkan, terdapat pula hasil peneliti yang membuktikan bahwa khasiat jahe sebagai obat mual lebih baik ketimbang obat anti mual yang biasa dipakai. Jadi, kalau kamu ingin terhindar dari mual mabuk perjalanan, cobalah minum jahe hangat setengah jam sebelum perjalanan.
Selain kandungan jahe, bajigur juga mengandung santan. Sebagai catatan, santan mengandung kurang lebih 15 % lemak. Karenanya, sebaiknya konsumsi santan ini tidak berlebihan jika dilakukan setiap hari.
Bajigur juga mengandung gula jawa. Penggunaan gula jawa dalam bajigur ini juga sebaiknya secukupnya saja dan tidak terlalu manis, sehingga tidak mengurangi khasiat minuman bajigur untuk tujuan kesehatan. Nah, karenanya, resep minuman bajigur ini cocok sekali bagi Anda yang ingin menikmati minuman hangat yang kaya manfaat kesehatan.
Resep Minuman Bajigur
Bagaimana resep minuman bajigur?
Untuk membuat resep minuman bajigur, berikut bahan – bahan yang perlu Anda siapkan :
1.      Santan kelapa dari separuh butir kelapa
2.      Seruas besasr rimpang jahe
3.      Selembar daun pandan
4.      Gula merah
5.      Bubuk kopi
Cara untuk membuat minuman bajigur, ikut langkah berikut ini :
1.      Pertama – tama, kupas jahe lalu cici hingga bersih dan kemudian iris tipis.
2.      Selanjutnya, rebus jahe bersama dengan santan sampai mendidih.
3.      Kemudian, rebus gula merah dalam air secukupnya sampai gula jawa larut.
4.      Lalu masukkan air rebusan gula merah ke dalam santan dan kecilkan apinya.
5.      Masukkan daun pandan, aduk sekitar 10 menit.
6.      Selanjutnya, siapkan bubuk kopi dalam wadah lain, lalu tuangi dengan air rebusan sanan dan jahe tadi, aduk perlahan dan minuman bajigur yang kaya manfaat kesehatan pun siap untuk dinikmati dalam kondisi hangat.

Sumber: Majalah Nyata

Advertisement

No comments.

Leave a Reply