Resep Jitu Mengatasi Bau Mulut Secara Tradisional

Resep Jitu Mengatasi Bau Mulut Secara Tradisional

Bau Mulut? Coba Resep Herbal Ini agar Mulut Lebih Segar dan Sehat Yuk

Bau mulut memang sangat mengganggu ya? Ketika bau mulut sedang melanda, rasanya pasti akan jadi tidak nyaman dan juga tidak percaya diri. Bahkan, orang – orang mungkin akan menghindar dari kita karena bau yang membuat mereka juga tidak nyaman.
Alhasil, banyak pekerjaan yang bisa jadi tidak kelar, dan hubungan sosial pun juga jadi terganggu. Nah, karenanya, masalah bau mulut ini tak bisa disepelekan dan dibiarkan begitu saja ya. Apalagi, pada beberapa kasus, bau mulut juga bisa jadi pertanda adanya penyakit lain loh.
Apa saja penyebab bau mulut?
Bau mulut yang kurang sedap bisa disebabkan oleh berbagai hal. Pertama, bau mulut mungkin disebabkan karena kurangnya kebersihan rongga mulut. Misalnya saja, ada sisa makanan yang menumpuk di dalam mulut. Mungkin terselip di sela gigi dan gusi sampai akhirnya membusuk.
Adanya gigi yang berlubang, gusi yang terluka dan masalah lain di dalam mulut yang tidak ditangani serta tak dibersihkan dengan segera juga bisa menimbulkan bau tak sedap keluar dari mulut kita loh.
Begitu pun adanya karies dan karang gigi yang juga bisa menyebabkan masalah lain. Karies dan karang gigi yang tak segera ditangani bisa berakibat fatal loh, misalnya berupa pencabutan gigi sampai menyebabkan penyakit di organ tubuh vital lain akibat masuknya kuman penyakit melalyi gigi. Wah, gawat khan?
Selain gangguan pada rongga mulut, adanya gangguan pada saluran pernafasan juga bisa jadi penyebab dari bau mulut tak sedap. Gangguan fungsi saluran cerna pun juga bisa jadi sumber masalah dari bau mulut ini. Jadi, lakukan pengamatan dan pemeriksaan diri sendiri dulu untuk mengetahui tindakan yang paling tepat untuk mengatasi sumber bau mulut ini.
Resep Jitu Mengatasi Bau Mulut Secara Tradisional
Resep tradisional apa yang bisa membantu mengatasi bau mulut?
Ada beberapa resep tradisional yang bisa kamu coba sesuai saran yang diberikan oleh Prof Dr Mangestuti, Apt, MS nih. Coba ya …
Mengunyah kapulaga
Untuk merawat kesehatan rongga mulut yang bisa jadi penyebab bau mulut ini, kamu bisa mencoba mengunyah kapulaga. Ya! Cukup kunyah saja kapulaga ini, tapi sebelumnya kupas dulu kulitnya ya.
Untuk mendapatkan kapulaga tidak sulit kog. Biasanya di toko – toko bahan jamu banyak menjual kapulaga. Toko yang menjual bahan pangan dari Timur Tengah biasanya juga menjual kapulaga loh.
Biji kapulaga ini kaya akan minyak atsiri yang mampu bekerja sebagai antikuman. Jadi, sangat baik untuk membunuh kuman – kuman penyabab bau mulut yang bersarang di rongga mulut. Mengunyah kapulaga bisa dilakukan sesering mungkin. Jangan lupa juga untuk tetap sikat gigi sehabis makan tiga kali sehari ya.
Minum air rebusan daun sirih, jahe, adas, cengkeh, kapulaga
Untuk bisa mencegah gangguan saluran pernafasan yang juga bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut, kamu bisa coba mengkonsumsi resep tradisional satu ini. Caranya, campurkan daun siri, jahe, adas, cengkeh, dan juga kapulaga. Rebus jadi satu, saring lalu minum airnya. Saluran pernafasan bisa lebih bersih dan segar dengan ramuan ini loh.
Minum air putih 2 liter per hari
Pastikan untuk tetap meminum air putih 2 liter per hari ya. Air putih ini berguna untuk memastikan tidak ada hambatan pada pengeluaran kotoran melalui buang air besar.
Detoks untuk membersihkan usus
Untuk membantu membersihkan usus atau saluran cerna yang juga bisa jadi penyebab bau mulut tak sedap, saran detoks ini juga bisa dicoba. Caranya, minum saja teh detoks secara rutin setiap hari yang dibuat dari campuran setengah sendok teh buah ketumbar serta setengah sendok teh buah adas yang sudah dicuci bersih.
Masukkan campuran adas dan ketumbar ini ke dalam wadah lalu siram dengan 400 ml air panas. Tutup wadahnya dan biarkan selama 15 menit. Saring lalu airnya bisa langsung diminum sepanjang hari, dengan atau tanpa tambahan madu.
Ketumbar dan adas ini berfungsi untuk memperbaiki fungsi saluran cerna. Adas sendiri pun juga memiliki fungsi untuk memacu pengeluaran toksin melalui cairan limfe. Dengan meminum teh detoks ini, buang air besar bisa lebih lancar dan juga sekaligus bisa mencegah perut kembung.
Tapi, bila setelah mencoba resep tradisional ini masih belum ada perubahan, maka lebih baik segera hubungi dokter ya.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply