Peranan 5 Jenis Nutrisi Utama bagi Kesehatan Tubuh

Peranan 5 Jenis Nutrisi Utama bagi Kesehatan Tubuh

Kenali Fungsi 5 Jenis Nutrisi Utama yang Diperlukan Tubuh Ini

Tahukah kamu kalau untuk menikmati gaya hidup sehat, kita memerlukan asupan nutrisi lengkap dengan jumlah yang tepat? Makanan menyediakan berbagai nutrisi penting yang berguna untuk mempertahankan serta meningkatkan kegiatan fisik dan mental yang kita lakukan sehari – hari.
Nutrisi yang diperlukan untuk menjaga agar kinerga berbagai organ tubuh tetap dapat berfungsi dengan maksimal ini jumlahnya memang cukup banyak. Tapi, kita dapat merangkumnya dalam 5 jenis nutrisi utama. 5 jenis nutrisi utama yang diperlukan oleh tubuh ini adalah air, protein, karbohidrat, lemak, serta vitamin dan mineral.
Nah, pertanyaannya, sudah tahukah kamu apa saja peranan dari masing – masing nutrisi utama ini bagi kesehatan tubuh? Tiap – tiap nutrisi utama ini pada dasarnya memainkan peranan yang amat penting dalam membangun kekuatan otak serta menjaga kesehatan fisik dan mental kita.

1. Air

Air bisa dikatakan sebagai nutrisi utama yang berperan sangat penting serta mengambil porsi paling banyak dalam tubuh manusia. Setidaknya, sekitar 83 % komponen utama dalam darah kita dipenuhi oleh air.
Air berperan penting sebagai sistem transport dalam tubuh kita yang mengedarkan nutrisi ke otak sekaligus mengeluarkan sampah. Pasokan air bersih yang cukup di dalam tubuh menjadi hal penting yang dapat menjaga kemampuan konsentrasi dan kewaspadaan kita.

2. Protein

Protein adalah nutrisi utama yang diperlukan oleh tubuh untuk menyediakan materi pembangun struktur di seluruh jaringan tubuh, saraf, dan juga organ dalam, dimana di dalamnya termasuk jantung dan juga otak
Protein ini juga digunakan untuk memproduksi neurotransmitter dan membangun serta merawat jaringan saraf manusia. Selain itu, protein pun mengambil peranan penting dalam membantu meningkatkan fungsi mental dan juga membangkitkan semangat.
Untuk bisa mencukup kebutuhan protein dalam tubuh, kita bisa mengkonsumsi aneka makanan sumber protein. Makanan sumber protein ini diantaranya adalah ikan, daging, susu, keju, kacang – kacangan dan jug biji – bijian.
Peranan 5 Jenis Nutrisi Utama bagi Kesehatan Tubuh

3. Karbohidrat

Ketika karbohidrat sampai di dalam tubuh, maka karbohidrat ini akan dipecah menjadi gula yang disebut sebagai glukosa melalui proses pencernaan tubuh kita. Glukosa inilah yang kemudian mengambil peran penting dalam memasok sumber energi utama bagi otak dan seluruh tubuh kita.
Meski diperlukan sebagai sumber energi utama, kadar gula dalam darah tetap harus dijaga pada nilai yang tepat. Kadar gula darah ini tidak boleh pula berfluktuasi secara drastis. Karena bila kadar gula darah tidak stabil dan nilainya terlalu tinggi atau rendah, maka seseorang bisa mengalami linglung, kejang, pening, bahkan sampai pingsan.
Untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat yang diperlukan tubuh, kita dapat memperolehnya dari biji – bijian, buah dan juga sayuran.

4. Lemak

Di dalam makanan terdapat tiga jenis lemak yang bisa ditemuka, yakni lemak jenuh, lemak tak jenuh dan lemak tak jenuh ganda. Lemak yang paling utama diperlukan untuk kesehatan tubuh adalah jenis asam lemak essensial yang merujuk pada jenis lemak tak jenuh ganda, yang secara lebih spesifik disebut sebagai Omega – 6 dan Omega – 3.
Penelitian yang dilakukanpada asam lemak esensial ini menunjukkan bahwa kedua jenis lemak khusus ini mampu membantu meningkatkan ukuran otak dan jumlah sel otak, memperbaiki penglihatan dan juga membantu kita dalam belajar.
Untuk bisa memenuhi sumber nutrisi berupa asam lemak essensial ini, kita bisa mendapatkannya dari ikan salmon, makarel, sarden, biji – bijian dan kacang – kacangan.

5. Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral juga merupakan komponen makanan utama dalam tubuh yang memegang peran penting, yakni untuk pertumbuhan serta untuk menjaga kelancaran fungsi tubuh dan otak.
Vitamin dan mineral ini masih dibagi lagi dalam beragam jenis yang lebih spesifik, dimana tiap – tiap zatnya terdapat dalam berbagai jenis makanan dengan jumlah yang berbeda – beda pula. Karenanya, variasi jenis makanan yang kita konsumsi dapat lebih membantu dalam terpenuhinya kebutuhan nutrisi penting ini.
Misalnya seperti vitamin B kompleks yang berperan penting dalam menghasilkan energi bagi otak. Selain itu, vitamin A, C, dan E pun juga berperan penting sebagai antioksidan kuat bagi tubuh, yang juga berperan penting dalam meningkatkan serta menjaga memori pada orang usia lanjut.
Sementara mineral sendiri merupakan faktor penting dalam menjaga kekuatan otak dan tubuh kita. Di dalam mineral, terkandung magnesium dan mangan yang dibutuhkan untuk memberi energi utama bagi otak. Selain itu, sodium, potassium dan juga kalsium juga sangat penting untuk komunikasi sel saraf serta mempermudah pengiriman pesan.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply