Pengertian dan Fungsi Host to Host dalam jaringan komputer

Pengertian dan Fungsi Host to Host dalam jaringan komputer

Host to Host adalah sebuah bentuk komunikasi atau hubungan di dalam sebuah jaringan komputer yang terjadi antar host, yaitu komputer dengan perangkat lain yang terhubung satu sama lain. Pengenalan antar host  melalui alamat jaringan komputer berdasarkan Internet Protocol atau yang lebih sering kita kenal dengan IP sehingga antar komputer yang saling terhubung dan saling berkomunikasi dapat saling mengenali satu sama lain melalui alamat jaringan.
Sebagai contoh sebuah komputer dengan alamat ip 192.100.100.1 mengirimkan paket data ke komputer dengan alamat 192.100.100.2. Kedua komputer tersebut dapat saling mengenali melalui alamat jaringan (IP Address) yang diperolehnya baik IP address yang didapat secara otomatis (DHCP) maupun IP Address yang disetting secara manual.

Host to Host sendiri berfungsi untuk menyediakan koneksi atau komunikasi bagi process to process. host to Host sendiri terjadi pada Network Layer saja.

Host to host saling penting dalam jaringan komputer karena komputer dapat saling terhubung dengan komputer lain, selain itu Host to host juga menyediakan layanan dan komunikasi dalam jaringan sehingga antar komputer dapat saling mengenali.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply