Pengertian dan fungsi flashdisk – Device storage komputer

Pengertian dan fungsi flashdisk – Device storage komputer

Flash disk atau biasa disebut dengan USB Drive merupakan perangkat penyimpanan data atau device storage pada komputer. Pada Flash disk terdapat controller dan memori penyimpan data yang bersifat non–volatile yang berarti bahwa data yang sudah disimpan pada perangkat tersebut tidak akan hilang meskipun tidak ada daya listrik yang mengalirinya. Komponen flashdisk lebih sederhana dibandingkan media penyimpanan lainnya seperti harddisk dan ukurannya juga relatif lebih kecil.

Flashdisk sendiri awalnya hanya mempunyai ukuran kapasitas yang sangat kecil, hanya berkisar kurang dari 512 MB, akan tetapi seiring dengan teknologi yang semakin maju dan perkembangan komputer juga sangat pesat, kini flashdsik mempunyai ukuran hampir sama dengan harddisk dan dengan harga yang lebih terjangkau.

Fungsi Flashdisk
Fungsi dari flashdisk itu sendiri adalah sebagai alat untuk menyimpan atau memindahkan data dari komputer satu ke komputer lainnya. Selain itu flashdisk juga dapat menyimpan aplikasi portable, menyimpan file musik maupun file video.

Macam – macam flashdisk
Macam flashdisk sangat beragam, ada yang mempunyai ukuran yang sangat kecil bahkan memiliki bentuk dengan desain yang sangat lucu untuk menyesuaikan permintaan pasaran. Flashdisk juga mempunyai kapasitas yang beragam mulai dari flashdisk dengan kapasitas 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8GB, 16 GB, 32 GB dan seterusnya. Macam merk dari flashdisk juga sangat beragam, mulai dari Toshiba, HP, Adata, Sand Disk, Kingston dan lain-lain.

Demikian artikel tentang Pengertian dan Fungsi Flashdisk komputer, semoga artikel ini bisa membantu dan bisa bermanfaat ….

Advertisement

No comments.

Leave a Reply