Manfaat Pala bagi Kesehatan

Manfaat Pala bagi Kesehatan

Mengenal Pala dan Khasiatnya bagi Kesehatan

Pala termasuk salah satu jenis rempah – rempah yang biasa dimanfaatkan bijinya sebagai bumbu masakan. Di Indonesia, tanaman pala mampu tumbuh dengan subur. Meski demikian, tanaman sebenarnya termasuk buah yang langka, sebab tanaman dan tumbuhan pala tidak bisa dijumpai di seluruh wilayah Indonesia.
Di Indonesia, buah pala pertama kali ditemukan banyak dihasilkan di wilayah kepulauan Banda, Maluku. Kala itu, masyarakat belum terlalu mengenal dan memanfaatkan buah pala. Namun, lambat laun, banyak pula masyarakat lain yang menemukan dan mengembangkan pala di daerah lain di Indonesia.
Bila sekilas diperhatikan, tanaman buah pala mirip dengan buah duku. Buah pala memiliki kulit kuning seperti duku, hanya saja buah pala memiliki bentuk elips dan juga panjang-panjang.
Daging buah pala pun memiliki aroma yang khas. Buah pala yang sudah masak, biasanya buah pala ini akan membelah sendiri dan membentuk seperti kelopak bunga. Karenanya, biji pala pun akan terlihat. Biji buah pala ini terbungkus dengan fuli warna merah. Jika dibuka fuli merahnya, maka akan terlihat biji buah pala yang berwarna cokelat.
 Manfaat Pala bagi Kesehatan
KANDUNGAN PALA
Para peneliti telah menemukan bahwa buah pala mengandung senyawa -senyawa kimia yang bermanfaat untuk kesehatan. Kendungan pala pada bagian kulit dan daging buahnya misalnya, terdapat minyak atsiri dan zat samak.
Sedangkan pada bagian fuli atau bunga pala, terdapat kandungan minyak atsiri, zat samak dan zat pati. Biji pala pun juga memiliki kandungan yang dinilai sangat tinggi berupa minyak atsiri, saponin, elemisi, miristisin, enzim lipase, lemonena, pektin, dan asam oleanolat.
Secara lebih detail, berikut ini adalah daftar senyawa kimia yang terkandung dalam 100 gram pala :
1.    Asam oleanolat
2.    Elemisi
3.    Energi ( 42 kkal )
4.    Enzim lipase
5.    Gula pati
6.    Kalsium ( 32 miligram )
7.    Karbohidrat ( 10,9 gram )
8.    Lemak ( 0,2 gram )
9.    Limonene
10. Minyak atsiri
11. Miristisin
12. Pektin
13. Protein ( 0,3 gram )
14. Saponin.
15. Scolopetin.
16. Senyawa kimia
17. Vitamin A ( 29 IU )
18. Vitamin B1 ( 1 miligram )
19. Vitamin C ( 22 miligram )
20. Zat besi ( 2 miligram )
21. Zat pati.
22. Zat samak


MANFAAT PALA BAGI KESEHATAN
Pala lebih sering dimanfaatkan masyarakat umum sebagai bumbu penyedap masakan. Namun, pala juga dipercaya memiliki khasiat yang berguna bagi kesehatan. Manfaat pala bagi kesehatan diantaranya :        

1. Memperbaiki kualitas tidur, Termasuk Menghilangkan Insomnia

Berbagai senyawa kimia yang terkandung dalam pala dipercaya mampu memperbaiki kualitas tidur seseorang. Insomnia yang merupakan salah satu gangguan tidur tak berkualitas pun dapat diatasi dengan pala. Untuk mendapatkan manfaat pala sebagai penghilang insomnia serta memperbaiki kualitas tidur, caranya cukup dengan mengkonsumsi air rebusan pala setiap sebelum tidur.

2. Menghilangkan Stress

Ekstrak buah pala bisa dipercaya mampu menghilangkan stress. Ini karena adanya kandungan miristisin dalam buah pala yang bermanfaat dalam menghambat protein monoamine oksidase yang dipercaya sebagai penyebab timbulnya stress.

3. Menghilangkan Bau Badan dan Bau Mulut

Kandungan limonene yang ada di dalam buah pala bermanfaat untuk menghilangkan masalah bau badan dan bau mulut yang kurang sedap. Selain itu, kandungan minyat atsiri dalam pala pun juga bermanfaat untuk menghilangkan bau badan.

4. Menambah Nafsu Makan

Bagi Anda yang memiliki anak kecil yang susah makan, maka pala bisa jadi sangat bermanfaat. Buah pala dikenal mampu meningkatkan nafsu makan karena adanya kandungan enzim lipase yang ada di dalam buahnaya.

5. Menghilangkan Masuk Angin

Dengan mengkonsumsi minuman kesehatan dari buah pala, maka masuk angin yang menggangu bisa dihilangkan. Untuk mengatasi masuk angin dapat dengan cara meminum air rebusan buah pala. Kandungan minyak atsiri yang ada dalam buah pala pada dasarnya menyerupai jahe yang mampu menghilangkan perut kembung akibat masuk angin.

6. Melancarkan Pencernaan

Enzim lipase termasuk salah satu enzim yang ada di bagian mulut dan lidah seseorang. Dengan bantuan enzim lipase inilah makanan yang dicerna dapat lebih mudah dihaluskan serta lebih mudah dicerna oleh tubuh.
Dengan mengkonsumsi pala sebelum makan besar, maka kandugnan enzim lipase akan bisa membantu untuk lebih melancarkan pencernaan di dalam tubuh.

7. Meredakan Asam Lambung

Dalam buah pala, terkandung zat saponin yang bermanfaat untuk meredakan dan menurunkan asam lambung di dalam tubuh, yang biasanya menyebabkan timbulnya rasa perih dan juga mual di dalam perut.
Untuk mendapatkan manfaat dari pala ini, caranya dengan mencampurkan 100 ml air hanya, 1 sendok teh pala halus dan 2 sendok teh buah pisang batu. Aduk lalu minum selagi hangat.

8. Menghilangkan Suara Parau

Pala mengandung minyak esensial yang bermanfaat untuk menghilangkan suara parau. Untuk mengatasi suara parau yang mengganggu ini, pala bisa dicampur dengan jahe, cengkeh, dan minyak kayu putih. Campurkan jadi satu bahan – bahan ini lalu bentuk pasta dan oles pada leher.

9. Mangatasi Mual dan Mutah pada Mabuk Kendaraan

Mabuk kendaraan memang sangat tak mengenakkan. Untuk menghilangkan mual dan mutah pada mabuk kendaraan. Sifat antiemetic pada buah pala dipercaya bisa menghilangkan mual dan muntah, bahkan yang bukan disebabkan oleh mabuk kendaraan sekalipun.

10. Menghilangkan Nyeri

Sifat antiemetik pada buah pala juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan nyeri saat haid atau pun rasa nyeri karena rematik. Buah pala dipercaya mampu menetralisir rasa sakit secara alami karena adanya kandungan senyawa kimia berupa mentol. Selain menghilangkan nyeri, kandungan ini juga bisa menghilangkan rasa sakit akibat luka, cedera dan radang kronis.

11. Menyehatkan Otak

Kandungan miristin pada pala bermanfaat dalam menyehatkan otak, karena berperan dalam mengurangi degradasi jalur syaraf dan penurunan kognitif dari otak. Hal ini baik bagi pada penderita penyakit alzheimer, parkinson dan pikun degradasi jalur syaraf dan penurunan kognitif dalam otak lain karena efeknya bisa dikurangi atau diperlambat.

11. Sebagai Detok

Pala bisa berperan sebagai detok alami dalam proses pengeluaran toksin atau racun yang ada di dalam tubuh. Senyawa kimia dalam buah pala bisa membersihkan toksin pada berbagai toksin yang banyak mengendap di berbagai organ tubuh seperti ginjal, hati dan usus. Toksin yang telah dibersihkan lalu akan dikeluarkan melalui keringat, feses maupun urin.

12. Mencegah Leukimia

Senyawa kimia berupa metanol yang ada dalam pala diketahui bisa mencegah kanker darah atau leukimia. Meski belum banyak diketahui, namun fakta ini berdasarkan penelitian yang telah teruji. Dengan ekstrak buah pala, sel leukimia di dalam tubuh penderitanya dapat dihambat.

14. Menyehatkan Kulit

Zat scolopetin pada buah pala mampu menyehatkan kulit karena berperan dalam menghentikan peradangan pada kulit. Dengan pala, kulit juga bisa jadi lebih halus, serta bekas cacar dan bisulan pun dapat dihilangkan.
Untuk menyehatkan kulit dengan pala, buah pala bisa diparut halus, lalu campurkan dengan madu dan air. Balurkan pada kulit yang terdapat bekas luka dan diamkan 30 menit lalu bilas menggunakan air hangat.

15. Melancarkan Peredaran Darah

Kalium pada buah pala berkhasiat dalam membantu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Fungsi kalium adalah untuk membantu peregangan di pembuluh darah sehingga aliran darah yang berisi nutrisi dan okesigen pun akan lancar.

16. Menormalkan Tekanan Darah

Buah pala memiliki kandungan mineral dan kalium yang dapat mengatur tekanan darah serta meregangkan pembuluh darah. Ketika pembuluh darah renggang, maka tekanan darah juga bisa dikurangi. Tekanan darah dalam sistem kardiovaskular pada penderita penyakit kardiovaskular pun bisa diturunkan dengan zat ini.

19. Mencegah Anemia

Zat besi pada buah pala dapat membantu meningkatkan dan memperbaiki sel darah merah sehingga bisa mencegah gejala anemia pada seseorang.

20. Mengobati Diabetes

Berdasarkan penelitian, senyawa kimia pada buah pala yang bernama macelignan dapat digunakan untuk pembuatan obat anti diabetes. Senyawa kimia tersebut mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh seseorang sekaligus mampu mencegah munculnya komplikasi yang dihasilkan oleh penyakit diabetes.

21. Menyehatkan Mata

Buah pala mengandung manfaat vitamin A yang tinggi sehingga mampu membuat mata lebih sehat. Vitamin A pada buah pala berperan dalam menjernihkan pandangan mata.

22. Menyehatkan Tulang

Buah pala mengandung kalsium yang mambu membuat tulang menjadi sehat. Kalsium juga mampu memperbaiki syaraf tulang dan menjaga pertumbuhan tulang sehingga tulang bisa terhindar dari pengeroposan.

23. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Buah pala mengandung manfaat vitamin C yang tinggi untuk membantu meningkatkan sistem imun pada tubuh seseorang.

24. Menangkal Radikal Bebas

Pala juga mengandung senyawa kimia yang dipercaya mampu menangkal radikal bebas. Radikal bebas dapat menimbulkan berbagai macam penyakit dan masalah kesehatan ringan hingga serius.

25. Mengobati Sakit Gigi Dan Infeksi Gusi

Buah pala memiliki kandungan zat samak yang sifatnya bisa mematikan kuman di dalam tubuh. Dengan minuman sari pala, maka sakit gigi dan infeksi yang ada pada gusi bisa diobati.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply