Manfaat Kayu Manis bagi Kesehatan

Manfaat Kayu Manis bagi Kesehatan

Mengenal Kayu Manis dan Khasiatnya bagi Kesehatan

Seperti namanya, kayu manis memang memiliki rasa dan aroma yang cenderung manis. Salah satu jenis rempah – rempah ini sangat mudah dikenali, dibanding dengan jenis rempah lain yang kebanyakan tampak mirip.
Bentuk kayu manis memang seperti lembaran kulit kayu tipis dengan aroma harum khas yang cukup semerbak. Kayu manis ini diambil dari kulit pohon kayu manis. Kulit pohon kayu manis dikelupas hingga diperoleh potongan-potongan kecil yang kemudian dapat dikeringkan dan disimpan untuk digunakan sewaktu – waktu.
Karena rasa dan aroma manisnya yang menggoda, kayu manis seringkali dimanfaatkan untuk penyedap dalam berbagai masakan, kue, serta minuman.
 Manfaat Kayu Manis bagi Kesehatan
MANFAAT KAYU MANIS BAGI KESEHATAN
Selain sering dimanfaatkan sebagai bahan penyedap makanan, kayu manis pun punya manfaat kesehatan yang cukup besar. Berikut ini adalah manfaat kayu manis bagi kesehatan.


1. Mengontrol Gula Darah

Sejumlah penelitian membuktikan bagaimana bahwa kayu manis ternyata mampu mengatur kadar gula darah. Karenanya, kayu manis menjadi makanan yang tepat untuk para penderita diabetes dan hypoglycemic.
Kemampuan kayu manis dalam menetralisir gula darah ini membuat kayu manis juga dapat menstabilkan suasana hati dan energi dalam tubuh.

2. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

Kayu manis dapat mengurangi kadar kolestrol jahat (LDL). Selama ini, LDL dikenal berbahaya bagi tubuh karena bisa menyebabkan penyakit jantung, stroke dan obesitas. Dengan mengonsumsi kayu manis, maka Anda pun juga dapat mengurangi risiko timbulnya penyakit kardiovaskular.

3. Anti Infeksi

Kayu manis memiliki komponen anti-infeksi yang natural. Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa kayu manis terbukti efektif untuk menghilangkan bakteri H pylori yang dapat menyebabkan sakit maag, dan beberapa jenis penyakit lain yang disebabkan oleh adanya infeksi bakteri.

4. Meringankan Sakit pada Penderita Rematik

Kayu manis dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh rematik. Dalam penelitian yang dilakukan di Department of Internal Medicine menunjukkan, kayu manis juga dapat mengurangi sitokin (protein-protein kecil sebagai mediator dan pengatur imunitas, inflamasi dan hematopoesis) yang dapat menyebabkan rematik.

5. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Penelitian di University of Texas menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker. Tidak hanya itu, kayu manis bahkan juga dipercaya menjadi salah satu rempah yang dapat menyembuhkan kanker.

6. Obat Serbaguna

Kayu manis pun dapat juga dijadikan sebagai pengawet makanan yang alami.

7. Mengatasi Nyeri Haid atau Nyeri Melahirkan

Kayu manis diketahui mengandung serat, kalsium, zat besi dan mangan yang terbukti efektif mengurangi nyeri saat haid atau melahirkan. Kayu Manis ini memiliki kandungan natural yang disebut dengan cinnamaldehyde. Zat ini lah yang dapat menyeimbangkan hormon, meningkatkan hormon progesteron dan mengurangi hormon testosteron pada wanita.

 8. Pengobatan Alzheimer

Para peneliti di Cytokine Research Laboratory, Department of Experimental Therapeutics di University of Texas telah berhasil mengembangkan kayu manis sebagai salah satu rempah yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit neurodegenerative, termasuk penyakit Alzheimer, Parkinson, multiple sclerosis, tumor otak, dan bahkan meningitis.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply