KOMPUTER RESTART SENDIRI SAAT BOOTING

KOMPUTER RESTART SENDIRI SAAT BOOTING

“Komputer restart sendiri mungkin hal yang sangat tidak diinginkan oleh pengguna komputer, sehingga kita perlu mengetahui sebab – sebabnya.”
(By : Kukuh Novaris)
Salam smart IT untuk anda semua pembaca setia artikel printerilmu. Kemajuan teknologi menuntut kita menggunakan komputer untuk bekerja, mengerjakan tugas, atau hanya sekedar membaca berita. Tetapi sebagaian orang awam yang memakai komputer tidak mengetahui ketika komputer mereka tiba – tiba restart sendiri, padahal sedang mengerjakan tugas penting atau sedang melakukan presentasi. Bayangkan hal itu terjadi, pasti semua orang yang mengalaminya akan kesal. Artikel berikut ini akan menjelaskan sebab komputer restart sendiri dan bagaimana cara mengatasinya.
PROSESOR KEPANASAN
Prosesor merupakan otak komputer, dimana semua proses pengolahan data berada di prosesor. Jadi ketika anda membuka banyak aplikasi atau program semisal microsoft word, excel, photoshop, chrome, mozila, games, autocad, dreamweaver, pasti komputer akan bekerja extra. Sehingga prosesor pasti cepat panas dan kemudian sistem mendeteksi bahwa prosesor panasnya diatas batas kewajaran. Akhirnya komputer restart untuk. lalu bagaiamana cara untuk mengatasinya ?
Untuk mengatasi komputer restart dengan sebab prosesor panas, bisa dicek melalui temperatur komputer pada BIOS, atau bisa menggunakan program untuk mengecek temperatur dari komputer seperti CPUID. Untuk pengguna PC (Personal Computer) bisa dicek untuk bagian Fan Prosesor:
Kecepatan Kipas
Apakah prosesor perputarannya pelan ataucepat, karena jika perputarannya pelan maka temperatur prosesor akan mudah panas dan otomatis komputer restart, anda bisa menyemprotkan cairan anti karat dibagaian dinamo dari fannya.
Debu
Lihat apakah pada sirip – sirip pendingin prosesor tersebut itu banyak debunya yang mengakibatkan temperaturnya mudah panas.
Pasta Processor
Penggantian pasta prosesor sebagai penyerap panas dari bagian prosesor ke fan prosesor, pastikan apabila sudah keringannya pasta prosesor yang ada diatas prosesornya, ini juga yang akan menyebabkan prosesor cepat panas, segera ganti pasta prosesor biasanya disebut iso thermal.
Suhu Cuaca
Bisa juga dengan menempatkan komputer di dalam ruangan ber-AC. Sehingga komputer selalu dalam keadaan dingin.
Perbanyak Fan
Perbanyak juga Fan sebagai sirkulasi panas didalam komputer, tapi sesuaikan dengan besarnya tegangan power supply komputer anda. Jangan sampai menyelesaikan masalah satu tapi menambah masalah lainnya.
POWER SUPPLY TURUN DAYA
Sebab lain komputer restart sendiri biasanya ketika menyalakan komputer, pada waktu bios loading windows, komputer bisa berjalan dengan normal, tetapi ketika masuk ke windows yang terjadi adalah komputernya restart. Bisa diilustrasikan ketika komputer masuk ke bios dan loading windows itu daya listrik yang diminta masih belum banyak, tetapi ketika masuk ke dalam windows pastinya banyak program yang dijalankan dan pastinya akan meminta daya listrik yang cukup banyak, dan ketika power supply sudah menurun dayannya yang terjadi power supply tidak dapat memberikan permintaan listrik ke komputer akhirnya ngerestart kan kawan. Jadi saya rekomendasikan untuk memakai power supply diatas 500watt. Karena kebutuhan komputer sekarang tidak seperti dulu. Jadi harus menyesuaikan dengan apa yang kita butuhkan. Semua juga untuk kenyamanan kita sendiri dalam memakai komputer.
VGA RUSAK
Jika anda yang pakai VGA Card anda bisa juga untuk mengecek komponen yang satu ini, beberapa vga card yang ada kipasnya, bisa anda lihat kipasnya itu mungkin pergerakannya melambat mungkin karena kotor, bisa anda bersihkan hal ini juga salah satu penyebab komputer restart karena cepat panans dan mempengaruhi komponen motherboard yang lain menjadi panas.
KERUSAKAN DI HARDDISK
Penyebab komputer sering restart sendiri juga kemungkinan ada badsector di harddisk yang menyebabkan komputer anda tidak maksimal dalam pembacaan data. Solusinya adalah dengan melakukan checkdisk atau melakukan defragment pada harddisk tetapi kwalitas dan umur harddisk juga tidak selalu bisa dengan cara diatas.
RAM RUSAK
Penyebab komputer sering restart sendiri juga karena ketika ram dalam keadaan rusak maka komputer dalam menjalankan program tidak bisa maksimal yang menyebabkan komputer akan melakukan restart. Kalau untuk komponen yang satu ini, biasanya hanya dibersihkan bagian soket kuningannya dengan penghapus pensil. Apabila masih tidak berhasil, berarti harus diganti dengan yang baru.
KABEL HARDDISK TIDAK STABIL
Penyebab komputer sering restart sendiri juga karena kabel sata, ketika kabel datanya rusak atau kurang berfungsi, maka komputer akan bisa restart. Logikanya ketika komputer booting di OS maka komputer punya batas maksimal loading, jadi ketika kabel yang digunakan kurang maksimal dalam penyampaian data yang bisa menyebabkan loading yang lama dan akhirnya bisa merestart komputer.
LONJAKAN LISTRIK PENYEBAB KOMPUTER RESTART
Penyebab komputer sering restart sendiri  bisa dikarenakan lonjakan listrik yang secara tiba tiba terjadi bisa membuat komputer anda restart karena permintaan listrik yang diminta komputer tidak terpenuhi. Untuk mengatasi hal ini, saya sarankan untuk membeli UPS agar tegangan listrik bisa stabil dan ketika mati listrik, anda masih mempunyai waktu untuk mematikan komputer.
FATAL ERROR
Penyebab komputer sering restart sendiri bisa dikarenakan tiba – tiba si layar jadi warna biru BSOD (Blue Screen Of Death). Solusi untuk mengatasi error blue screen ini adalah dengan repair system anda atau install ulang.
ANTARA HARDWARE DAN SOFTWARE TIDAK COCOK
Penyebab komputer sering restart sendiri bisa dikarenakan driver komputer dan sistem tidak cocok sehingga sistem crash. Seperti kata diatas hardware dan software tidak cocok ini akan juga mengalami error dan menyebabkan restart, jadi saran saya silahkan anda pastikan drivernya sudah cocok, jika anda bingung anda bisa menggunakan software all driver, seperti driver pack solution untuk menginstall driver.
HARDWARE ATAU SOFTWARE YANG RUSAK
Penyebab komputer sering restart sendiri  adalah ketika komputer menyala pertama kali, setelah itu tekan F2, atau del (tergantung merk motherboard) dengan otomatis masuk bios, ketika masuk bios itu tunggu 5 menit, jika komputer anda restart, berarti yang rusak adalah dibagaian hardware, tetapi jika tetap nyala dan ketika anda masuk ke windows normal komputer restart , berarti yang rusak itu softwarenya.

Semoga dengan membaca artikel ini, apabila komputer anda restart sendiri, anda bisa mengatasinya tanpa harus membawanya ke tempat service. Salam smart IT

Advertisement

No comments.

Leave a Reply