Inilah Alasan Kenapa Kamu Wajib Liburan ke Mentawai

reservasi2

https://cdn.pixabay.com/photo/2016/01/20/05/37/surf-1150958_960_720.jpg

Bingung mencari tempat wisata menarik yang bisa menawarkan berbagai kegiatan seru untuk menghabiskan waktu liburan? Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat adalah salah satu solusinya. Panorama yang ditawarkan kepulauan Mentawai tak kalah epik dengan destinasi wisata populer lainnya seperti Bali, Lombok, Kepulauan Derawan, Raja Ampat, atau Kepulauan Komodo. Keindahan yang ada di kepulauan Mentawai pun mampu mencuri perhatian selebritis Hollywood. Salah satunya adalah Liam Hemsworth yang memerankan tokoh Gale Hawthrone di film The Hunger Games. Kalau tidak percaya, kamu bisa cek akun Istagram @mfaruqarozi. Di dalam akunnya, terdapat foto dirinya bersama sang adik dari pemeran utama film Thor, Chris Hemsworth di sebuah hotel di Padang.

Lalu, aktivitas seru apa saja yang bisa dilakukan di kepulauan Mentawai sampai membuat turis asing sekelas aktor Hollywod mau berkunjung ke sana? Yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini

Berselancar

Mengingat posisinya yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia, maka tidak heran kalau lautan di kepualaun Mentawai menjadi salah satu spot terbaik untuk berselancar. Tinggi ombak di Kepulauan mentawai bisa mencapai ketinggian 7 meter yang terjadi sepanjang tahun. Maka tak heran, bukan peselancar lokal saja yang datang ke sini, atlet surfing profesional pun tertantang untuk menaklukan ombak Mentawai yang terkenal ganas itu. Berselancar di kepulauan Mentawai pun menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan Liam Hemsworth saat berada di Indonesia. Di sini, setidaknya terdapat sekitar 400 spot surfing dengan tingkatan berbeda. Sekitar 40 spot surfing yang ada di sana adalah spot favorit para selancar dunia. Bahkan, spot surfing yang ada di Pulau Sipora, Kepualaun Mentawai, dianggap sebagai salah satu spot surfing terbaik yang ada di seluruh dunia bersama Kepulauan Hawai dan Haiti. Gelar sebagai tempat berselancar nomor wahid ide diberikan oleh berbagai media ternama yang berbeda, di antaranya CNN Travel dan Surfing Magazine yang berbasis di Australia.

Menyelam dan Berjemur

Meskipun memiliki ombak yang besar, bukan berarti kepulauan Mentawai ini hanya cocok dikunjungi oleh orang yang jago berselancar saja. Kepualauan ini juga sangat cocok buat kamu yang mau berjemur, berenang, atau snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut Mentawai. Pantai-pantai di setiap pulau besar di kepulauan Mentawai memiliki pesona yang teramat indah dengan suasana tropikal yang menghangatkan. Pasirnya pun berwarna putih halus dan bersih sehingga kamu bisa berjemud dengan nyaman di sini. Selain itu, setidaknya ada sekitar 33 titik penyelaman yang bisa dipilih untuk menikmati pemandangan bawah laut Mentawai yang memesona.

Wisata Budaya

Kepulauan Mentawai bukan hanya memiliki pemandangan laut yang menarik saja, di sini juga ada suku asli Mentawai dengan budayanya yang sangat unik. Mereka biasanya menempati sebuah pedesaan dan yang paling banyak bisa dijumpai di pulau Siberut. Di desa suku Mentawai biasanya dibangun rumah adat berukuran besar yang disebut ‘Uma’. rumah adat ini memiliki banyak fungsi antara lain tempat menginap bersama, penyimpanan warisan dan alat pusaka, balai pertemuan, upacara adat, sampai penyimpanan hasil buruan. Tiap uma biasanya dipimpin oleh satu kepala yang disebut Rimata.

Rumah tradisional tersebut dibangun tanpa tanpa paku sedikitpun. Rahasia dari kekokohan kontruksi Uma ini berasal dari kemahiran mereka dalam memasang pasak dan tiang/

Menariknya, pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktifitas bersama penduduk suku Mentawai seperti berburu monyet, memancing, mengolah sagu, membuat panah beracun, atraksi budaya dan masih banyak lagi. Di sini pun pengunjung bisa melihat pembuatan tato Mentawai yang terkenal ke seluruh dunia. Menurut para peneliti, tato Mentawai adalah tato paling tua yang ada di dunia ini.

Untuk menjumpai penduduk asli Mentawai ini, kamu bisa mengunjungi pulau Siberut. Di tempat tersebut, ada banyak wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara yang tertarik untuk mempelajari keunikan budaya Mentawai.

Menyusuri Pedalaman Mentawai

Kepulauan Mentawai masih memiliki kawasan hutan yang cukup luas. Berjalan setapak di dalam hutan dan menyusuri muara dengan kapal kecil adalah cara menarik untuk menikmati pesona wisata yang ada di Mentawai. Di pedalaman Mentawai, kamu bisa menemukan flora-fauna yang cukup langka dan melihat kearifan masyarakat lokal yang kamu temui selama penyusuran hutan. Biasanya kegiatan menyusuri hutan ini dilakukan untuk mengunjungi desa-desa adat yang ada di Mentawai. Namun pastikan untuk tidak menyusuri pedalaman Mentawai ini sendirian agar tidak tersesat.

Jadi, tertarik untuk menghabiskan waktu liburan di Mentawai seperti Liam Hemsworth? Buruan cek harga tiket pesawat sekarang juga. Untuk sampai ke kepulauan Mentawai, kamu bisa mulai dengan cari tiket pesawat murah ke Padang di Reservasi.com. Ada banyak maskapai peberbangan yang bisa kamu pilih dengan penawaran harga terbaik.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply