Ini Dia Cara Ngetes “Antivirus” Bagus Atau Tidak

Ini Dia Cara Ngetes “Antivirus” Bagus Atau Tidak

Halo guys, seperti biasanya artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi yang udah cukup berklimpang-klimpung di dunia per-virus-an. hahaha… kayak yang bener aja.. 😀
Saya yakin semua orang yang “udah lama main komputer” sepakat kalau antivirus adalah software wajib di dalam sebuah komputer. Iya nggak ?..
Secara kita hampir tiap hari internetan, colok-lepas flashdisk, download2 gak jelas, pasang2 CD, sharing2 file di LAN, dan tentu saja semua itu jadi jalur utama si virus masuk menyelinap ke laptop. Kalo si virus udah masuk, mulai deh yang tombol suka kepencet2 sendiri, suka hang sendiri, file2 hilang, rusak, gak bisa dibuka, ah.. macem2 deh pokoknya. Hahaha…
Tau gak sih, ada sebagian orang yang menganggap software antivirus itu kurang begitu penting bagi mereka hanya membuat komputer mereka makin lambat dan memutuskan untuk tidak penginstall antivirus apapun. Ada lo !.. saya udah 2 kali nemu orang demikian. Tapi ya sudahlah.. gak mungkin kan saya paksain nginstall2 antivirus, toh udah dijelaskan bahaya virus juga mereka tetep kukuh sama alsannya.. hehehe.
Saya yakin pasti kamu punya salahsatu antivirus dibawah ini kan ?.. satu lagi ada namanya Symantec yang juga banyak dipakai. Kalau saya sih pake AVG.
Tapi tau gak sih, gimana cara mengetes antivirus bagus atau enggak,,, layak atau enggak…
Karena banyak sekali pertanyaan yang saya terima, terutama dari temen2 & mahasiswa saya tentang “Pak.. antivirus yang bagus apa sih..?.. ya kan ?.. atau jangan2 kamu pernah menanyakan hal itu ke temen/dosen mu. Hahaha…
Semua antivirus bagus asal rajin update ?…
Ketika banyak yang nanya antivirus apa yang terbaik, banyak juga yang jawab “Semua antivirus bagus asal rajin di update”. Tapi saya bilang “ENGGAK JUGA… Gak semua anivirus yang rajin diupdate bisa dipastikan aman dari virus”.
Jaman sekarang banyak juga antivirus yang bisa dibilang abal-abal. Udah diinstall, di update setiap saat, tapi tetep aja yang namanya virus bisa bebas keluar masuk dan sama sekali nggak menghargai si antivirus. Hahaha…
Trus cara memperediksi kelayakan antivrus nya ?
Gampang… sekali lagi saya bilang gampang…dan simple banget malah.. (agak nyombong dikit)
  1. Install antivirus nya.
  2. Update sampai hari ini. Pastikan sudah di-update sampai updatean terakhir.
  3. Tes colok flashdisk yang bervirus & langsung buka flashdisknya
Kalau virus yang ada di dalam flashdisk masih bebas senaknya menularkan diri ke laptop kita, itu artinya Antivirus tersebut gak ada gunanya & mending dibuang aja kelaut lepas. tapi kalo si antivirus berhasil langsung mendetect & mengeblock aktivitas virus, itu baru antivirus TOP & layak digunakan.
True Story Saya :
Saya udah sering ngecek laptop2 kebanyakan orang indonesia, kebanyakan mahasiswa, terutama mahasiswa saya.. hahaha.. pasti pakenya Smadav. 
Kamu pake smadav juga gak gan ? Bukanya nggak menghargai antivirus karya anak bangsa, tapi kayaknya ni antivirus kurang maksimal melindungi laptop dari virus & bisa dibilang “tidak layak pakai”… sorry2 to say yaa..
Tes aja.. update sampe updatan terakhir, trus colokin flashdisk bervirus. Berhasil nggak si smadav melindungi laptop kamu gan.. enggak kan ? 😀
Mungkin banyak yang penasaran “Trus mimin pake AV apa donk”.. ? heheh
Jujur, di laptop saya belum pernah nginstall yang namanya Avira, Avast, Eset Nod32, MC Afee, Apalagi si Kaspersky yang lisensinya mahal bgt. Jadi belum bs ngasi review tentang AV tersebut.
Dari dulu saya cuma pake …
Ya.. AVG. itu juga cuma versi Free.
Tapi antivirus yang 1 ini sudah banyak membuktikan ketangguhannya buat saya.
Udah hampir 10 tahun pake AVG, belum pernah sekalipun kemasukan virus. bneran !. beda sama sebelum2 nya yang pake antivirus selain AVG. AVG mampu memblock aktivitas virus ketika saya lupa scanning virus saat membuka flashdisk yang bervirus. Si AVG mampu men-scan secara cepat, memblock, & menghapusnya. Apakah file2 penting ikut terhapus ?.. NO !. tnang aja.
1 lagi tips nya, SAYA RAJIN BGT UPDATE !. ini kuncinya. Kalo kamu udah melakukan test kelayakan seperti diatas, & menemukan antivirus yang layak, maka tetap sering2 lah update!. jadi si antivirus tau betul jenis2 virus terbaru yang sekarang lagi bertebaran.
Okey !..
Semoga berguna yaa..
Silahkan share antivirus yang kamu anggap layak dipakai & tuliskan kelebihannya kenapa layak dipakai di kolom komentar.. agar bisa berbagi ilmu ke yang lain.. 😉

Advertisement

No comments.

Leave a Reply