Ciri- ciri “sains” kajian ilmu dan ciri makhluk hidup menurut para ahli

Ciri- ciri “sains” kajian ilmu dan ciri makhluk hidup menurut para ahli

Ciri- ciri “sains” kajian ilmu dan ciri makhluk hidup menurut para ahli – Manusia tidak pernah merasa puas dari apa yang telah mereka ketahui, sehingga perkembangan ilmu pengetahuan semakin maju. Perkembangan ilmu pengetahuan semakin maju diberbagai bidang dengan diketemukanya berbagai alat serta teknik yang berfungsi untuk mengungkap rahasia alam.
Seperti :audio visual (televisi), VCD, DVD, telepon, telepon seluler (handphone), komputer, internet dan masih banyak lagi, merupakan hasil dari produk teknologi serta ilmu Pengetahuan. Jarak jauh seperti antarnegara melalui hasil tersebut dapat dijangkau dan bisa untuk berkomunikasi.
Selanjutnya adalah pada bidang kedokteran misalnya alat kedokteran berupa USG (ultra sono grafi), ECG (electro cardio graf), teknologi transplantasi organ-organ tubuh, fertilisasi in vitro (bayi tabung), terapi genetik, dan penemuan berbagai obat-obatan untuk penyembuhan berbagai penyakit dan masih banyak lagi , juga telah banyak hasil ilmu Pengetahuan yang telah ditemukan.
Sedangkan dibidang lainya seperti memahami gejala alam secara obyektif serta hasil ditemukanya seperti teknik kultur jaringan dan kulture embrio, yang merupakan hasil perkembangan ilmu dan teknologi.
Berikut ini ciri- ciri sains:
  • Objek yang dikaji benda-benda yang terdapat di alam ini, benda-benda tersebut dapat dideteksi dengan panca indra kita, misal dapat dilihat, didengar, dirasakan. Dan berupa benda padat, cair, dan gas. 
  • Pengalaman yang dapat dirasakan oleh setiap orang dan dikembangkan dengan pengalaman empiris.
  • Dengan langkah sistematis seperti cara, situasi dan kondisi sama dihasilkan produk yang sama pula.
Cara berpikir dengan menggunakan logika seperti induktif dan deduktif seperti contoh makhluk hidup semua akan mati, dengan begitu banyak sekali makhluk hidup di alam ini.
Memihak pada kebenaran ilmiah dan hasilnya obyektif serta hukum yang berlaku untuk umum.
Karakteristik biologi sama dengan sains seperti ruang lingkup yang dipelajari meliputi seluruh kehidupan dari paling kecil hingga besar atau kompleks.
BSCS (Biological Science Curiculum Study) (Mayer, 1978) merupakan tim yang merumuskan struktur keilmuan biologi dengan objek seperti :
a) Plantae (tumbuhan)
b)Animalium (hewan)
c) Protista 
Dengan kajian seperti ekosistem, sel, jaringan, organ, molekul dan masih banyak lagi. Sedangkan persoalan yang dikaji terdapat 9 tema dasar, antara lain :
a) Biologi (sains)
b) sejarah konsep biologi
c) evolusi
d) keanekaragaman dan keseragaman
e) genetik dan keberlangsungan hidup
f) organisme dan lingkungan
g) perilaku
h) struktur dan fungsi
i) regulasi
Klasifikasi makhluk hidup menurut Robert H. Whittaker 1969 meningkat menjadi lima kerajaan, meliputi kingdom/regnum, antara lain :
a) Plantae
b) Animalia
c) Protista
d) Monera
e) Jamur

Ciri benda sebagai benda hidup atau makhluk hidup, antara lain melakukan dan terjadinya proses dalam tubuh :
  • Perlu makanan dan melakukan aktivitas
  • Proses pengangkutan treansportasi zat keseluruh tubuh
  • Pernapasan respirasi untuk merombak zat-zat organik menjadi energi.
  • Mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme yang sudah tidak dipergunakan lagi (ekskresi).
  • Proses penyusunan zat-zat baru di dalam tubuh, umumnya berupa senyawa kimia yang kompleks seperti karbohidrat, lemak, dan lain-lain.
  • Pertumbuhan dan perkembangan.
  • Sistem yang mengatur keserasian proses-prosesi dalam tubuhnya (regulasi).
  • Perkembangbiakan untuk melestarikan jenisnya (reproduksi).
  • Beradaptasi atau menyesuaikan terhadap lingkungannya, misalnya menyesuaikan suhu, kelembapan,cahaya matahari, makanan, dan lain-lain.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply