Cara Merawat Kuku agar Tampil Sempurna

Cara Merawat Kuku agar Tampil Sempurna

Cara Praktis dan Alami Merawat Kuku Tangan dan Kuku Kaki

Siapa yang tak suka apabila kuku – kukunya tampil cantik sempurna. Kuku yang terawat dengan baik dan sehat, maka pemiliknya pun akan merasa lebih percaya diri. Bukankah begitu? Nah, tahukah kamu, kalau kuku yang sehat dan bersih juga menunjukkan bahwa si pemilik kuku juga sehat dan bersih secara keseluruhan?
Apabila kuku tampak tak terawat, artinya si pemilik kuku juga tak peduli dengan kebersihan atau kesehatan. Tak hanya itu sih, kuku yang tampak bermasalah juga bisa menjadi indikasi adanya aneka penyakit berbahaya dalam tubuh seperti kanker, liver, ginjal, sampai paru – paru loh.
Struktur kuku
Pada dasarnya, kuku terdiri dari beberapa bagian. Yakni bagian akar kuku yang tampak seperti bentuk setengah lingkaran di dasar kuku, lalu bagian terlebar yang ada di tengah kuku, dimana pada bagian ini terdapat lapisan kulit yang mengandung pembuluh darah dan syaraf sehingga warnanya pun kemerahan. Di antara dasar kuku dan jari tangan, masih ada lagi lapisan kulit yang disebut kultikula.
Kuku terbentuk dari protein yang disebut keratin yang kaya akan sulfur. Kuku juga merupakan bagian terkeras dari tubuh sepeti layaknya tulang dan gigi karena sangat sedikit mengandung air. Kuku memiliki fungsi utama untuk melindungi ujung jari yang lembut dan penuh saraf.
Cara merawat kuku sehari – hari
Menjaga kuku agar tetap sehat dan cantik adalah hal penting. Disadur dari Majalah Nyata dengan Narasumber Prof. Dr. Mangestuti Agil, cara merawat kuku yang paling mudah bisa dilakukan cara alami. Yakni dengan merendam kuku dalam minyak zaitun yang hangat. Minyak zaitun sangat baik untuk kuku karena mampu merangsang pertumbuhan kuku yang sehat.
Selain itu, perawatan kuku sehari – hari juga bisa dilakukan dengan merendam kuku kamu dalam campuran tiga sendok makan minyak zaitun dan satu sendok makan jus lemon. Rendam kuku selama kurang lebih 10 menit. Cara ini dapat membantu untuk memperkuat kuku.
Jika kamu ingin hasilnya lebih maksimal, kamu bisa menghangatkan dulu campuran tadi sebelum proses perendalaman. Campuran ini sangat baik untuk merawat kuku karena kelembaban minyak dan keasaman dalam jus dapat memberikan zat yang dibutuhkan oleh kuku untuk kelembaban, kekuatan serta kebersihan kuku.
cara merawat kuku
Cara merawat kuku lain yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan campuran dua sendok makan minyak zaitun dan jus tomat. Campuran ini dapat membantu mengatasi masalah kesehatan kuku serta membantu pertumbuhannya.
Selain merawat bagian kuku, kulit di sekitar kuku pun juga perlu mendapat perhatian khusus. Kuku dan kulit di sekitarnya cenderung keras dan kaku. Karenanya, hal ini dapat menyulitkan dalam perawatan.
Untuk mengatasiya, coba gosokkan irisan jeruk nipis secara teratur pada ujung jari – jari dan kuku. Minyak atsiri yang terdapat dalam jeruk nipis akan membantu melunakkannya secara alami. Kamu juga bisa menggunakan minyak atsiri dari jenis lain seperti minyak lavender dan kamomila.
Caranya, cukup teteskan minyak pada air hangat kemudian gunakan untuk merendam kuku selama 10 menit. Lanjutkan dengan membulas kuku. Cara ini cukup efektif untuk membuat kukut lebih sehat dan kuat.
Cukupi Asupan Nutrisi untuk Kuku
Kuku tak hanya memerlukan perawatan dari luar saja. Kamu pun perlu memberikan asupan nutrisi yang cukup untuk kuku dari dalam tubuh. Untuk mendapatkan kuku yang sehat dan cantik, kamu bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, B2, B12, C, D E dan minral kalsium serta zat besi.
Mineral kalsium, zat besi dan aneka vitamin ini dapat diperoleh dari aneka jenis buah dan sayur. Misalnya saja pada bayam, wortel, kubis, buncis, brokoli, kacang – kacangan, melon juga stroberi.
Selain itu, penuhi pula kebutuhan nutrisi untuk kekuk dengan minum susu dan produk susu, seperti keju dan yogurt. Satu hal lagi yang tak kalah penting adalah mencukupi kebutuhan minum air putih untuk mencegah kuku rapuh.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply