Cara Mengurangi Minus Mata

Cara Mengurangi Minus Mata

Mata Sehat dengan Gizi Tepat dan Terapi Mata

Mata adalah salah satu bagian terpenting dari panca indra manusia. Ya, dengan mata, kita pun bisa melihat indahnya dunia ini. Melihat memang jadi anugerah terindah yang diberikan Tuhan kepada kita. Jadi, patutlah kita bersyukur ketika diberikan nikmat penglihatan yang sehat.
Tapi, apa jadinya kalau penglihatan kita berangsur – angsur memburuk karena adanya gangguan pada mata kita? Tak bisa dipungkiri kalau gangguan mata sudah jadi momok yang akrab bagi kita. Mulai dari rabun jauh, rabun dekat, rabun senja, katarak, dan berbagai masalah lain bisa saja menyerang mata indah kita.
Salah satu yang paling banyak menyerang mata, terutama mata para anak – anak dan remaja adalah mata minus atau rabun jauh. Pasti susah sekali bukan, kalau masih begitu belia, tapi penglihatan sudah berkurang gara – gara mata minus. Padahal, bagi anak sekolah, mata adalah alat penting untuk belajar.
Mata yang minus membuat seseorang tidak bisa melihat dengan jelas benda – benda yang letaknya di kejauhan. Mata minus bisa disebabkan karena kebiasaan melihat yang kurang tepat, serta asupan gizi bagi mata yang juga tidak mencukupi.
Memang untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan lensa kaca mata cekung yang bisa membuat bayangan benda kembali jelas ketika dilihat oleh orang dengan mata minus. Tapi, bila kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan minus dan kekurangan asupan gizi mata, tidak segera diatasi, maka minus pada mata ini dipastikan bisa terus bertambah.
Semakin hari, minus pada mata bisa semakin banyak dan bukannya berkurang. Tentu hal ini akan semakin menyulitkan bukan? Apalagi, kacamata yang semakin tebal pun tidak mudah untuk diperoleh, dan tentunya harganya juga semakin mahal.
Jadi, alih – alih hanya menggunakan kaca mata saja, jika kita menderita mata minus, kenapa tidak mencoba untuk mengurangi mata minus tersebut?
Cara Mengurangi Minus Mata

Terapi Mata untuk Mengurangi Mata Minus

Minus mata terjadi karena berkurangnya daya akomodasi pada otot mata. Artinya, terjadi kerusakan pada otot mata sehingga lensa mata pun tidak bisa menipis lagi secara maksimal.
Terapi mata digadang – gadang mampu menjadi senjata ampuh untuk membuat mata lebih sehat. Terapi mata pun diyakini bisa mencegah bertambahnya minus pada mata, sekaligus bahkan bisa mengurangi mata minus.
Hal ini ditegaskan oleh Prof. Dr. Mangestuti, Apt, MS dalam tabloid Nyata yang menyatakan bahwa terapi mata dipastikan dalapt membantuk menghambat proses kerusakan pada mata jika dilakukan secara teratur.
Ya, tentu saja kita harus melakukan terapi mata ini secara teratur untuk bisa mendapatkan manfaat tepat dari terapi mata ini. Terapi mata bisa dilakukan secara teratur paling sedikit tiga kali sehari. Dan setiap kali latihan, disarankan pula untuk meningkatkan waktu latihan terapi mata ini.
Cara melakukan terapi mata untuk mengurangi mata minus ini sangat mudah. Gerakan dasarnya adalah dengan cara menggerakan bola mata ke sudut mata kanan, lalu arahkan ke sudut mata kiri, atas dan bawah, serta lakukan juga gerakan memutar bola mata.
Lakukan gerakan ini dengan mata terbuka dan kemudian lakukan lagi latihan ini dengan mata tertutup. Ingat untuk melakukan latihan terapi mata ini secara teratur dan dengan waktu yang terus meningkat.
Latihan mata ini pun bisa juga untuk membantu mengurangi gangguan penglihatan selain mata minus yang juga disebabkan oleh rusaknya kemampuan daya akomodasi pada mata.

Asupan Gizi untuk Mengurangi Mata Minus

Untuk mengurangi mata minus, pastikan untuk mengkonsumsi asupan makanan bergizi yang kaya akan kandungan protein, karbohidrat, dan lemak yang penting untuk kebutuhan sel mata. Cukupi juga gizi mata dengan berbagai vitamin lengkap, terutama vitamin A.
Untuk memenuhi gizi dan vitamin tersebut, salah satunya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi jus buah – buahan segar berwarna merah dan kuning. Misalnya saja, seperti apel, wortel dan tomat.
Minum jus buah segar ini setiap hari, dengan takaran 3 buah tomat, 3 potong wortel dan 1 buah apel. Jus jadi satu lalu minum. Tentu saja kamu juga bisa menambahkan aneka buah lain untuk lebih memperkaya vitamin yang dikonsumsi.
Mudah bukan cara mengurangi minus mata ini? Jadi, kamu pun bisa terhindar dari keharusan menggunakan kaca mata yang tebal.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply