Cara Download Video YouTube Tanpa IDM

Cara Download Video YouTube Tanpa IDM

Cara Download Video YouTube Tanpa IDM
Anda pasti pernah merasakan betapa kesalnya ketika ingin mendownload video dari YouTube tapi IDM (Internet Download Manager) tidak bisa mendownloadnya, entah itu karena masa uji cobanya habis atau kendala lain seperti ketidakcocokan versi aplikasi dengan browser. Tenang saja, itu bukan akhir dari segalanya. Ada beberapa cara untuk bisa mengunduh video dari YouTube tanpa bantuan IDM.
Lantas bagaimana jika tidak menggunakan IDM? Apakah ada software lain? Jawabannya bukan berarti tidak. Karena selain Anda bisa memanfaatkan situs online yang berfungsi mendownload video YouTube, Anda juga bisa memanfaatkan software lain, tapi bukan IDM. Nah ada banyak sekali kan alternatifnya?
Berikut ini langsung saja kami jabarkan beberapa cara mengunduh video YouTube tanpa bantuan IDM.

Cara #1: Memanfaatkan Situs Online Video Grabber

Apa itu video grabber? Secara singkat, video grabber adalah suatu teknik memperoleh video dari portal yang terpisah. Video grabber ini digunakan untuk mendownload video YouTube dengan cara mengambil alamat URL video dan akan mendownloadnya dengan perintah algoritma tertentu. Seperti halnya IDM pun memiliki fitur ini yang dari software terintegrasikan ke browser.
Berikut ada beberapa situs video grabber online yang dapat Anda manfaatkan untuk mendownload video dari YouTube:
  • KeepVid.com
  • Savefrom.net
  • File2HD.com
Masih ada banyak sekali situs pihak ketiga lainnya, Anda bisa mencari sendiri di Google jika ingin menggunakan alternatif lainnya.
Cara menggunakannya sangatlah simpel. Anda tinggal menyalin URL (link/tautan) video dari YouTube yang ingin Anda unduh, kemudian buka salah satu situs di atas. Akan ada petunjuk untuk mem-paste-kan link-nya, paste saja link-nya di box yang sudah disediakan, kemudian klik tombol prosesnya.   
Misal Anda menggunakan layanan dari savefrom.net, maka berikut langkahnya:
  1. Buka savefrom.net.
  2. Masukkan URL video YouTube yang ingin Anda download.
  3. Klik tombol prosesnya.
  4. Pilih format video yang diinginkan sebelum mendownload.
  5. Silakan tunggu proses download-nya selesai.
Cara Download Video YouTube Tanpa IDM
Cara download video YouTube dari SaveFrom

Cara #2: Memanfaatkan Plugin Dari Browser

Cara yang satu ini agak ribet karena perlu download plugin tertentu agar bisa mengunduh video dari YouTube. Tapi sejalan dengan judul artikel ini, yaitu tanpa IDM, Anda bisa saja memanfaatkan plugin dari browser yang Anda pakai. Plugin untuk setiap browser tentunya berbeda-beda.
Untuk Firefox, Anda bisa menggunakan salah satu add-on di bawah ini:
  • YouTube Video and Audio Downloader
  • Easy Youtube Video Downloader Express
Sedangkan untuk Google Chrome, Anda bisa menggunakan extension di bawah ini:
  • Video Downloader Professional
Setelah Anda sudah menginstal plugin di atas, browser Anda akan dilengkapi dengan video grabber yang dapat mengunduh video YouTube. Untuk tiap plugin berbeda-beda cara pakainya. Anda coba sesuaikan dan beradaptasi saja dengan pluginnya, lama kelamaan Anda akan terbiasa.
Itulah beberapa cara mendownload video YouTube tanpa menggunakan aplikasi IDM. Sebenarnya masih ada cara lain lagi. Tapi karena Saya yakin cara di atas sudah bisa menjawab masalah Anda, maka Saya cukupkan sekian. Semoga bermanfaat.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply