Cara Ampuh Mengatasi Handphone Yang Terendam Air

Cara Ampuh Mengatasi Handphone Yang Terendam Air

Cara Ampuh Mengatasi Handphone Yang Terendam Air – Masalah handphone yang terjatuh kerap kali terjadi. Pasalnya ketidakfokusanlah yang menyebabkan hal itu kerap kali terjadi, jika kamu menemukan handphone kamu dalam keadaan terendam sudah pastilah kalian akan merasa panik, mengingat air adalah mush bagi barang-barang elektronik.

Kendati sekarang sudah banyak handphone-handphone yang menggunakan fitur canggih waterproof sehingga tidak akan rusak meski terkena air, namun tetap saja masih mempunyai batasan waktu, karena memang selain air yang bersifat merusak, barang elektronik yang terkena air sudah pasti akan mengalami konslet maupun kerusakan pada komponen-komponennya.

Cara Ampuh Mengatasi Handphone Yang Terendam dalam Air

Baca Juga : Masalah-Masalah Menakutkan Yang Bisa Terjadi Pada Handphone Android Kamu

Kebanyakan dari pengguna handphone ketika handphonennya terendam air akan cepat-cepat mengangkat handphone dari dalam air dan kemudian mencoba untuk menghidupkan handphonenya kembali. Meskipun sebenarnya mereka sudah tau betul bahwa handphone yang tekena air akan mengalami konslet, Namun, hal yang biasa dilakukan ketika handphone terendam air itu adalah salah besar, seharusnya setelah mengalami masalah handphone yang terendam air adalah dengan melepas semua komponen handphone itu sendiri, sepeti casing, batre dll yang bisa menghambat air yang sempat masuk kedalam air menjadi sulit untuk keluar, selain itu komponen eletronik yang masih dialiri daya listrik sudah pasti akan mengalami konslet.

Banyak diantara kita yang kurang tahu bagaimana caranya mengatasi masalah handphone yang terendam air, dan tak sedikit karena tidak mengerti cara mengatasinya handphone menjadi mati total dan tidak bisa digunakan lagi, Namun demikian kamu tak perlu khawatir dan panik, jika memang kamu sedang mengalami hal ini ada beberapal hal yang harus diperhatikan agar handphone bisa bekerja kembali seperti semula dan handphone tidak mengalami kerusakan yang berarti, sehingga kamu bisa menggunakan handphone kamu kembali.

Nah dibawah ini saya akan memberikan beberapa cara mengatasi handphone yang terendam di air…

Baca Juga : Aplikasi Populer di Smartphone Android Yang Cepat Menguras Baterai

Cara Ampuh Mengatasi Handphone Yang Terendam Air

  • Jangan Hidupkan Handphone
    Hal pertama yang harus kamu lakukan apabila handphone terendam air adalah jangan sekali-sekali mencoba untk menghidupokan handphone. Hal ini akan membuat handphone mengalami konslet dikarenakan komponen handphone yang terkena air akan teraliri daya listrik dari baterai, dan jika sudah begini beberapa komponen akan rusak karena sudah pasti akan terbakar. Maka jika handphone kamu terendam air maka yang kamu harus lakukan adalah dengan membiarkan handphone dalam keadaan mati.
  • Lepas Baterai Handphone
    Kemudian hal yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah menyabur baterai handphone kamu, meskipun handphone sudah dalam keadaan mati, kamu tetap harus mencabut baterai handphone kamu agar mengantisipasi baterai masih mengaliri listrik ke dalam handphone, hal ini mencegah komponen handphone mengalami konslet.
  • Lepas Kartu SIM dan Memori
    Hal selanjutnya adalah melepas kartu SIM dan juga Memori eksternal handphone kamu (jika ada), ini adalah cara untuk mengantisipasi kartu SIM dan Memori dari kerusakan yang ditimbulkan oleh air.
  • Keringkan Handphone.
    Selanjutnya adalah dengan mengeringkan handphone yang terendam air dengan cara manual yaitu dengan mengipas-kipas handphone, tidak disarankan mengeringkan handphone dengan cara memvakum, menggunakan hairdryer, kipas angin dll. Karena dikahawitrkan jika barang-barang itu justru malah menciptakan listrik statis yang justru akan malah merusak handphone kamu, lakukan secara manual dengan mengipas-ngipas handphone dengan buku atau karton. Selain itu kamu juga bisa mengeringkan handphone dengan matahari, nammun jemur handphone pada tempat yang tidak terkena matahari langsung, jangan coba-coba menjemur handphone pada sinar matahari langsung karena itu justru akan mersuak handphone kamu.
  • Pendam Handphone Dalam Beras.
    Handphone yang sudah kamu keringkan mungkin hanya bagian luarnya saja yang terlihat sudah kering, namun bisa saja didalamnya ditakutkan masih lembab dan mungkin berair, ini jika tidak benar-benar diatasi akan membuat komponen-komponen malah menjadi rusak. Maka dari itu kamu harus benar-benar mencoba untuk mengeringkan handphone kamu. Yaitu dengan cara memendam handphone didalam beras. Seperti yang kita tahu, beras mampu menyerap air dengan cepat,.Beberapa penelitian membuktikan jika beras mampu menyerap kelembaban dengan waktu yang relatif cepat. Caranya cukup mudah, siapkan toples kosong kemudian masukan handphone kamu kedalam toples dan kemudian masukan juga beras bersamaan dengan handphone kamu didalam toples, kemudian tutup toples dan tunggu diamkan handphone seharian penuh, tapi kalo bisa pendam lebih lama agar handphone menjadi benar-benar kering.
  • Hidupkan Handphone Kembali.
    Jika dirasa handphone sudah benar-benar kering dan tidak lembab lagi, maka hal yang harus kamu lakukan adalah dengan memasng kembali komponen-komponen yang sebelumnya dilepas ( baterai, kartu sim, memori eksternal,casing) kemudian cobalah untuk melakukan isi ulang baterai (charge) dan kemudian hdiupkan kembali handphone kamu.
Langkah-langkah diatas dikenal ampuh untuk mengatasi handphone yang terendam air, dan saya sendiri pernah melakukan cara ini untuk mengatasi handphone saya yang terendam air saat pergi kepantai,hasilnya adalah handphone saya bisa hidup kembali. Namun kamu harus benar-benar melakukan langkah-langkah yang tepat, yang paling penting adalah mencabut baterai setelah mengankat handphone dari dalam air, supaya komponen tidak adala yang mengalami konslet terlebih dahulu.
Nah segitu dulu deh Cara Ampuh Mengatasi Handphone Yang Terendam Air, semoga saja artikel ini bisa membantu kamu dalam mengatasi handphone yang terendam air. Jika ada pertanyaan dan masukan bisa tinggalkan dikolom komentar. Terimakasih telah berkunjung.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply