Beberapa Perbedaan Sel Hewan Dan Tumbuhan

Beberapa Perbedaan Sel Hewan Dan Tumbuhan

Beberapa Perbedaan Sel Hewan Dan Tumbuhan – Perbedaan sel hewan dan tumbuhan adalah sel tumbuhan mempunyai beberapa kekhususan yang tidak ditemukan pada sel hewan. Apabila kalian perhatikan bahwa terdapat beberapa jenis hewan baik invertebrata atau vertebrata dapat melakukan pergerakan untuk berpindah dari suatu tempat ke tempat yang lain. 
Hal tersebut karena hewan memiliki struktur sel penyusun jaringan tubuh yang tidak kaku. Tumbuhan sama sekali tidak dapat melakukan pergerakan berpindah tempat dan bersifat menetap. Hal ini karena struktur sel penyusun jaringan tubuh tumbuhan bersifat kaku dan berbeda dengan sel- sel hewan.  Lihat seperti yang tampak pada gambar.
Beberapa Perbedaan Sel Hewan Dan Tumbuhan
Terdapat beberapa bagian, baik pada sel hewan atau tumbuhan yang menyebabkan keduanya berbeda, yaitu dinding sel, kloroplas, lisosom , sentriol, cincin kontraktil, vakuola dan plasmodesmata. Untuk mengetahui perbedaan tersebut, perhatikan seperti yang tampak pada gambar tersebut, kedua sel hewan dan tumbuhan. 
Dinding Sel 
Dinding sel tumbuhan sebagian besar tersusun atas selulosa dan polisakadria yang terdiri atas polimer glukan atau polimer glukosa. Secara struktural, dinding sel tumbuhan dapat lihat seperti berikut.

Struktur Dinding Sel

Beberapa Perbedaan Sel Hewan Dan Tumbuhan

Fungsi dari dinding sel ini adalah untuk melindungi sel serta mempertahankan bentuk sel, dan mencegah kehilangan air yang berlebih dari dalam sel. Ada pula dinding sel yang kuat dan menyebabkan tumbuhan dapat berdiri tegak. Beberapa senyawa penyusun dinding sel antara lain hemiselulosa, pektin, lignin, kutin dan protein dan lemak.
Hemiselulosa adalah polisakarida yang tersusun atas glukosa, xilosa, manosa, dan asam glukoronat. Di dalam dinding sel, hemiselulosa berfungsi sebagai perekat benang- benang selulosa.
Pektin adalah polisakarida yang tersusun atas galaktosa, arabinosa dan asam galakturonat.
Lignin ini hanya dapat dijumpai pada dinding sel yang dewasa dan berfungsi untuk melindungi sel tumbuhan terhadap lingkungan yang tidak menguntungkan.
Kutin adalah suatu selubung atau lapisan pada permukaan atas daun atau batang yang berfungsi untuk mencegah dehidrasi akibat penguapan dan melindungi kerusakan sel akibat patogen dari luar.
Protein dan lemak, di dalam dinding sel ditemukan dalam jumlah yang tidak sedikit. 

Advertisement

No comments.

Leave a Reply