Agar Kulit Kepala Tetap Sehat

Agar Kulit Kepala Tetap Sehat

Yuk Buat Kulit Kepala Kamu Selalu Sehat dan Bebas Penyakit

Menjaga kesehatan kulit yang ada di kepala kamu ini sangat penting loh. Kulit kepala jadi tempat tumbuh kembang rambut yang merupakan mahkota setiap orang. Nah, kalau tak ingin rambut kamu bermasalah, maka kulit di kepala ini juga harus sehat dan bebas dari segala masalah.
Tahukah kamu kalau membiarkan masalah rambut begitu saja tanpa pengobatan bisa semakin memperparah keadaannya. Bahkan, semisal masalah tersebut adalah ketombe yang dibiarkan, maka jamur tersebut bisa masuk ke akar rambut loh. Akibatnya, rambut akan rusak, patah, rontok, dan mengakibatkan kebotakan.
Kalau jumlah rambut yang rontok lebih banyak ketimbang rambut yang tumbuh, maka akibatnya sudah dipastikan adalah kebotakan. Tak ingin hal ini terjadi bukan? Anda pun tak boleh menggunakan obat sembarangan untuk rambut dan kulit kepala Anda, karena kalau tidak dilakukan dengan tepat, maka malah bisa membuat rambut semakin bermasalah.
Lalu, apa yang bisa kamu lakukan agar kulit kepala tetap sehat dan bebas dari segala masalah? Ini dia tips perawatan rambut yang disarankan oleh dr Natalia, SpKK spesialis penyakit kulit dari RS Taruma Jakarta yang dimuat di Majalah Nova.
kulit kepala
Kalau muncul ketombe, obati dengan cara tradisional
Kalau masalah yang ada pada kulit di kepala adalah ketombe, maka lebih baik kamu mengobatinya dengan cara tradisional, yakni dengan menggunakan minyak kemiri. Minyak kemiri bisa dioleskan ke kulit kepala secara disiplin. Jadi, jangan cuma sekali oles dan berharap hasilnya langsung sempurna ya.
Dengan mengoleskan minyak kemiri secara teratur dua kali seminggu, maka rambut kamu bisa lebih sehat, hitam, tidak kering dan kulit kepala kamu pun akan sehat dan tidak kering.

Baca juga : Sudah Tahu Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami, Mudah dan Cepat?

Potong rambut tiap tiga bulan
Saran potong rambut tiap tiga bulan ini terutam bagi kamu yang sering bermasalah dengan rambut rontok. Kalau rambut memang sering bermasalah dengan kerontokan, jangan biarkan rambut kamu jadi terlalu panjang, karena rambut panjang semakin membebani akar rambut sehingga menjadi tidak kuat. Nah, kalau akar rambut sudah kuat dan stabil, baru dech boleh dipanjangkan.
Jangan sering – sering mengikat rambut
Mengikat rambut terlalu sering juga tidak baik loh. Lebih baik, kamu lepaskan ikatan rambut saat dirumah. Biarkan rambut kamu lebih bebas untuk bergerak dan bernafas. Hmm, seperti tubuh saja ya yang juga butuh bergerak bebas dan berolahraga.

Baca juga : Cara Alami Merawat Rambut agar Selalu Sehat

Jangan keramas tiap hari
Ups, siapa yang suka keramas tiap hari? Mungkin banyak yang berfikir kalau keramas tiap hari itu baik ya. Padahal, efek keramas tiap hari ini justru akan membuat rambut kering loh. Ini karena kandungan bahan kimia pada shampoo. Jadi, lebih baik keramas dua hari sekali saja sudah cukup.
Kalau kamu memang ingin rambut selalu bersih, kamu cukup menyiram rambut dengan air tanpa menggunakan shampoo. Shampoo tidak mengandung bahan kimia jadi rambut bisa tetap segar.
Bagi yang berhijab, jangan tutup rambut saat basah
Nah, ini tips spesial buat kamu yang mengenakan hijab. Jangan sekali – kali mengenakan hijab kamu atau menutup rambut kamu saat masih basah ya. Ini tidak baik untuk kesehatan rambut kamu.
Perhatikan pemakaian shampoo
Shampoo apa yang kamu gunakan? Hal ini juga penting untuk diketahui loh. Shampoo yang tidak cocok akan membuat rambut dan kulit kepala bermasalah. Kalau kamu menggunakan shampoo yang cocok, maka hal ini bisa memperbaiki keadaan rambut kamu beserta juga kulit di kepala.
Kalau ketika kamu menggunakan suatu shampoo dan hasilnya rambut kamu tidak kering, dan kulit kepala tidak berminyak serta bebas masalah lain, maka pakai terus shampoo itu dan jangan gonta – ganti. Kalau dalam sebulan tampak perubahan positif, berarti shampoo itulah yang cocok buat kamu.
Segera konsultasi pada ahlinya bila ada gangguan kulit kepala yang tidak wajar
Kalau ada gangguan di kulit kepala kamu yang dirasa tidak wajar, maka segeralah periksa ke dokter. Hal ini sudah bisa termasuk penyakit kulit yang mungkin saja cukup mengganggu kesehatan. Selain itu, kalau masalah rambut berlangsung terus menerus, jangan ragu untuk konsultasi pada dokter spesialis kulit.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply