3 Kebiasaan Baik Ibu Hamil ini Bisa Membuat Bayi Cerdas dan Sehat

3 Kebiasaan Baik Ibu Hamil ini Bisa Membuat Bayi Cerdas dan Sehat

Memiliki bayi yang sehat dan cerdas tentu jadi keinginan setiap orang tua bukan? Nah, kabar baiknya, untuk mendapatkan bayi yang sehat dan cerdas tidak terlalu sukar loh. Selama kehamilan bunda tidak mengalami masalah serius, maka bunda cukup melakukan tiga kebiasaan baik yang bisa membuat bayi cerdas dan sehat.
Loh, sesederhana itu? Betul sekali. Bunda harus tahu loh, kalau melakukan kebiasaan baik selama masa kehamilan sangat mampu membantu merangsang pertumbuhan sel otak pada janin sampai 100 milliar. Wow, luar biasa bukan?
Memangnya, apa saja sih tiga kebiasaan baik ibu hamil yang sangat dianjurkan untuk memicu ksehatan dan kecerdasan si kecil yang masih ada dalam rahim? Ini dia informasinya buat bunda, simak ya.

1. Mendengarkan Musik Klasik

Ternyata, music klasik punya manfaat tersendiri bagi perkembangan otak si janin loh. Menurut dr Hermanto, SpOG (K) yang tertulis dalam tabloid mini Prenagen, para bunda disarankan untuk menstimulasi sel otak pada janin melalui music – music klasik terutama Mozart. Music klasik Mozart ini terbukti dapat membantu menambah sambungan –sambungan sel otak pada janin loh.
Untuk memaksimalkan stimulasi music klasik yang bunda berikan, ada juga loh panduannya. Berikut adalah panduan stimulasi yang baik yang perlu bunda perhatikan :
          Memperdengarkan music klasik terutama Mozart pada janin
          Mulailah memperdengarkan music klasik Mozart sejak usia kehamilan memasuki minggu ke-20
          Dengarkan music klasik pada malam hari agar suasana yang tercipta lebih tenang
          Dengarkan music klasik untuk janin pada posisi headphone menempel pada perut ibu hamil
          Perdengarkan music klasik ini slama enam puluh menit
          Perdengarkan lagu –lagu ini sesuai urutan Mozart

2. Berbicara pada janin dan membacakannya cerita

Mengajak si kecil yang masih meringkuk dalam kandungan, ternyata juga jadi kebiasaan baik ibu hamil yang bisa memicu perkembangan otak janin agar sehat dan cerdas. Jadi, ada baiknya bunda selalu mengajak janin untuk bercengkerama, terutama mengenai hal –hal yang baik.
Sesekali, bacakan juga cerita –cerita menarik yang happy ending. Bunda harus tahu loh kalau janin senang sekali mendengar suara bunda. Ini karena suara si ibu adalah suara paling indah yang ada di dalam rahim. Wow, menarik bukan?

3. Konsumsi nutrisi yang terbaik

Kebiasaan baik yang ketiga ini pun tak kalah penting ya bunda. Ingat kalau saat hamil, bunda tidak hanya membutuhkan makanan untuk satu porsi saja, melainkan dua porsi. Janin yang ada dalam rahim bunda pun membutuhkan makanan yang cukup banyak. Eits, tak hanya banyak, tapi asupan makanan ini juga harus mengandung nutrisi yang terbaik.
Nutrisi yang terbaik ini harus mengandung semua komponen yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin secara seimbang. Salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan misalnya adalah DHA. DHA ini merupakan lemak yang sangat diperlukan untuk otak janin yang sedang bertumbuh. Selain itu, asam folat, kalsium, zat besi, serat dan nutrisi penting lain juga perlu dipenuhi secara seimbang.
Bagi ibu hamil dan menyusui, kebutuhan nutrisi ini akan meningkat terutama pada trimester kedua dan ketiga, serta saat menyusui nantinya. Dengan memenuhi asupan nutrisi ibu hamil secara tepat, maka bayi yang bunda lahirkan nantinya akan lebih sehat dan cerdas.

Jadi kesimpulannya, kebiasaan baik ibu hamil yang bisa membuat bayi sehat dan cerdas ini harus berasal dari kombinasi stimulasi dan juga nutrisi yang tepat. Dengan begitu, maka bayi akan tumbuh dengan lebih sehat dan juga cerdas. 

Advertisement

No comments.

Leave a Reply