Tips Mudah Jadikan Rumah Selalu Bersih

kebiasaan-baik-yang-bikin-rumah-selalu-bersih-dan-rapi-B9S7Kl4jwL

Memiliki rumah yang bersih tentu menjadi idaman bagi setiap orang. Rumah yang bersih dan selalu rapi tentu membawa dampak yang positif bagi setiap orang yang tinggal di dalamnya. Selain itu, rumah yang bersih tentu rumah yang sehat sehingga tidak mudah tertular atau terserang berbagai macam penyakit. Sayangnya, tidak semua orang mau membersihkan rumah. Biasanya orang menjadi malas untuk membersihkan rumah karena tumpukan pekerjaan yang harus dilakukan dan diselesaikan agar rumah menjadi bersih. Selain itu, membersihkan rumah juga membutuhkan waktu yang lama karena banyak hal yang harus dilakukan itu. Apalagi jika Anda setiap harinya bekerja dan hanya memiliki waktu kosong di akhir pekan. Sedangkan Anda tentu ingin beristirahat setelah lelah bekerja selama satu minggu itu. Apa lagi jika di rumah Anda tidak ada jasa asisten rumah tangga yang membantu membersihkan rumah setiap harinya, Anda dapat mengikuti beberapa saran di bawah ini untuk membuat rumah Anda agar senantiasa bersih dan rapi.

Jadikan Kebiasaan

Tentunya, untuk membuat rumah yang senantiasa bersih, perlu dibiasakan untuk menjaganya selalu bersih. Jadikan beberapa hal sebagai kebiasaan agar rumah Anda terhindar dari hal-hal yang berantakan. Jadi, Anda lebih baik untuk mencegah rumah menjadi berantakan dari pada harus membersihkannya. Biasakan untuk segera membersihkan peralatan makan seperti piring, gelas dan peralatan memasak lainnya setelah Anda selesai makan.

Biasakan juga untuk membersihkan tempat tidur di pagi hari. Setidaknya rapikan selimut dan letakkan bantal dan guling ke tempat yang seharusnya. Hal ini juga membantu agar ketika malam hari dan ingin tidur, Anda tidak perlu membereskannya terlebih dahulu. Lalu, kembalikan juga barang ke tempat asalnya setelah Anda menggunakannya.

Ajak Anggota Keluarga

Karena Anda tidak tinggal sendiri di rumah, tentu sangat penting untuk mengajak anggota keluarga lain untuk sama-sama memiliki kebiasaan yang baik ini. Penting halnya untuk melibatkan orang lain di dalam rumah karena jika hanya Anda saja yang memiliki kebiasaan itu, rumah Anda tentu tidak akan mengalami perubahan yang besar. Rumah Anda bisa jadi tetap berantakan seperti biasanya. Terutama jika Anda mempunyai anak kecil di dalam rumah, mereka harus mulai dibiasakan untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan rumah.

Buat Jadwal

Memang, kebiasaan-kebiasaan sederhana tersebut dapat membantu menjaga kebersihan rumah, tapi tidak serta merta rumah Anda bersih begitu saja. Anda juga harus melakukan jadwal rutin untuk membersihkan bagian rumah yang lain. Mulai dari kamar mandi, kamar tidur, dapur, bahkan gudang. Karena Anda dan keluarga telah bersepakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan rumah, maka Anda bisa membuat jadwal membersihkan rumah. Untuk jadwal mingguan, Anda bisa mengatur pada hari ini siapa yang akan membersihkan bagian rumah yang mana. Misalnya, Anda akan membersihkan dapur di hari Kamis. Lalu, buat juga jadwal harian untuk kegiatan menyapu dan mengepel lantai rumah.

Buat jadi Seru

Walau memang memerlukan tenaga yang lebih ekstra dalam membersihkan rumah, Anda bisa mengatasinya dengan membuatnya menjadi aktivitas yang menarik. Kosongkan satu hari Sabtu dalam satu bulan dan lakukanlah kegiatan bersih-bersih rumah dengan seluruh anggota keluarga. Setelah seluruh bagian rumah sudah dibersihkan, apresiasilah kerja keras semuanya dengan menonton film bersama atau hanya sekadar makan es krim bersama di ruang keluarga. Jadikan juga acara bersih-bersih bulanan sebagai salah satu cara Anda menghadirkan qualitytime di dalam keluarga.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply