Susu UHT si Penyempurna Gizi

Susu UHT si Penyempurna Gizi

Mengenal Teknologi di Balik Susu UHT dan Kebaikannya

Susu memang sering disebut – sebut sebagai penyempurna gizi. Ya, karena empat kelompok makanan sehat saja belum cukup. Jadi, sempurnakan dengan susu. Susu merupakan pangan fungsional yang kaya akan kandungan zat gizi yang bermanfaat dan dapat menjadi pelengkap gizi bagi anak, bahkan sampai orang dewasa sekalipun.
Karenanya, meminum susu menjadi salah satu kebiasaan penting untuk dilakukan. Baik minum susu segar sampai susu UHT juga boleh. Semua jenis susu ini pada dasarnya baik untuk tubuh jika dikonsumsi secara tepat.
Manfaat susu untuk kesehatan
Kelebihan susu adalah karena nutrisinya yang mudah diserap tubuh. Susu mengandung semua zat gizi bahan pembangun tubuh, seperti karbohidrat, protein, lemak dan aneka vitamin lain.
Karbohidrat dalam susu yang berbentuk laktosa yang tak terlalu manis ini bisa jadi sumber tenaga yang baik. Apalagi, laktosa dalam susu juga tak merusak gigi seperti minuman manis lain. Ditambah lagi, kandungan protein dalam susu juga baik untuk pertumbuhan, mengganti sel yang rusak serta memproduksi hormon dan enzim dalam tubuh.
Lemak dalam susu merupakan sumber vitamin larut lemak yang meliputih vitamin A, D, E, K da sumber asam lemak esensial serta hormon. Belum lagi susu jadi sumber vitamin B1, B2,B6, niacin dan vitamn C yang penting untuk mencegah kerusakan pembuluh darah, tulang rawan, otot dan tulang.
Kandungan gizi susu yang penting lainnya adalah kalsium dan fosfor. Zat gizi ini baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu, magnesium dalam susu juga penting untuk pembentukan tulang, protein serta fungsi saraf. Ada juga zinc yang merupakan mineral penting untuk pertumbuhan, peningkatan, daya tahan tubuh serta mempercepat penyembuhan luka.
Hmm, komplit bukan? Tak berlebihan donk kalau susu dikatakan sebagai penyempurna gizi?
Susu UHT si Penyempurna Gizi
Kebaikan susu UHT
Pada dasarnya, susu rentan terhadap kerusakan karena paparan bakteri. Jadi, susu yang masih murni tak bisa disimpan dalam waktu lama. Pada suhu kamar saja, susu akan rusak dalam waktu maksimal 4 jam setelah pemerahan.
Kalau ingin memperpanjang daya simpan dan demi keamanan saat dikonsumsi, susu perlu penanganan khusus, misalnya dengan pendinginan, pemanasan, pasteurisasi atau disterilkan. Selanjutnya, perlu juga pengemasan yang bisa menahan agar susu tidak mudah rusak.
Teknologi Susu UHT
Salah satu metode untuk menghindarkan susu dari kerusakan yang kini populer adalah UHT. UHT adalah kepanjangan dari Ultra High Temperaturedimana dengan proses ini, dimanfaatkan tekonologi modern untuk memanaskan susu ingga suhu 140 derajat celcius dalam waktu singkat, yakni hanya 2 sampai 4 detik saja.
Pada proses UHT inilah, mikroogranisme patoden dan apatogen dalam susu mati tanpa merusak kandungan susu tersebut. Waktu pemanasan yang dilakukan secara singkat ini juga bertujuan untuk meminimalisir nilai kerusakan gizi susu, serta untuk mendapatkan warna, aroma dan rasa yang relatif tidak berubah.
Dengan teknologi modern inilah, susu UHT dapat disimpat dalam waktu lama hingga 10 bulan dalam susuh ruang selama wadahnya masih aman alias tidak terbuka. Tapi, jika kemasan sudah dibuka, maka harus segera disimpan di lemari pendingin jika tidak segara dikonsumsi.
Penemuan teknologi UHT ini juga dibarengi dengan teknologi pengemasan antiseptic. Dimana gabungan kedua teknologi ini membuat bakteri yang terdapat dalam susu bisa mati. Sedangkan pengemasan antiseptic sendiri merupakan kemasan dengan kertas 6 lapis yang memiliki kemampuan untuk mencegah kontaminasi dari luar.
Produk susu UHT memang bisa jadi pilihan praktis dalam kemasan berbagai ukuran. Kini, produk susu UHT banyak dijual dengan berbagai varian rasa menarik seperti cokelat, strowbery, plain dan vanilla. Aneka jenis susu yang dibuat dengan teknologi UHT ini pun juga ada banyak.
Ada yang dikhususkan sebagai susu untuk ibu hamil, susu rendah lemak, susu untuk orang dewasa, susu untuk anak, dan lainnya. Karena memiliki kemasan menarik, serta variasi rasa yang kaya, maka anak – anak pun biasanya akan suka untuk meminum susu ini sebagai penyempurna gizi.
Yang terpenting, jangan khawatir soal kandungan gizi dari susu UHT karena masih tetap aman dan terjaga meski disimpan dalam waktu yang relatif lama.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply