Sendi Amfiartrosis Dan Diartrosis Beserta Jenis – Jenisnya

Sendi Amfiartrosis Dan Diartrosis Beserta Jenis – Jenisnya

Sendi Amfiartrosis Dan Diartrosis Beserta Jenis – Jenisnya – Amfiortosis merupakan bentuk hubungan antartulang yang memungkinkan adanya sedikit gerakan. Hubungan antartulang yang terbentuk disambungkan oleh serabut kolagen atau jaringan tulang rawan. Ada dua tipe amfiortosis, yaitu sindesmosis dan simfisis.
  • Sindemosis, hubungan antartulang disambungkan oleh ligamen, misalnya antara tibia dan fibula.
  • Simfisis, hubungan antartulang yang disambungkan olegh fibrokartilago, misalnya antarruas tulang belakang seperti yang tampak pada gambar dan antar tulang pubis (simfisis pubis).
Diartrosis atau hubungan sinovial, merupakan bentuk hubungan antartulang yang memungkinkan terjadinya gerak lebih leluasa dibandingkan dengan dua jenis hubungan antartulang lainya. Baca Tulang tengkorak (Kranium) Sistem Rangka.
Baca : 
Persendian Dan Klasifikasinya
Anggota gerak bawah (ekstremitas Inferior) Sistem Rangka

Pada persendian ini dikelilingi oleh kapsul artikular dan membran sinovial yang di dalamnya mengandung minyak sinovial. Umumnya, persendian ini terletak pada ujung- ujung tulang panjang, misalnya alat gerak atas dan alat gerak bawah. Macam- macam sendi gerak atau diartrosis adalah sebagai berikut :
  • Sendi engsel, yaitu persendian yang memungkinkan pergerakan satu bidang, seperti membuka dan menutupnya daun pintu. Contohnya pada siku, lutut dan antartulang jari pada tangan dan kaki.
  • Sendi Putar, Yaitu suatu bentuk persendian yang hanya memungkinkan terjadinya gerak rotasi atau berputar. Contohnya tulang tulang atlas dengan tengkorak, radius dan ulna dalam gerak pronasi dan supinasi.
  • Sendi Pelana merupakan suatu gerak persendian yang memungkinkan terbentuknya gerakan seperti pelana kuda. Contohnya, gerakan yang terbentuk antara carpometakarpal dengan ibu jari.
  • Sendi Peluru merupakan suatu bentuk persendian di mana seluruh kepala ujung tulang masuk  ke bentukan seperti mangkuk, Contohnya pada bahu dan panggul.
  • Sendi Elipsodial, misalnya gerakan yang dapat dilihat pada persendian antara tulang radius dengan tulang karpal, tulang metakarpal dengan tulang jari- jari, dan falang dengan tulang- tulang metatarsal.  
Macam – macam sendi gerak (diartrosis) tersebut dapat dilihat seperti yang tampak pada gambar.

Sendi Amfiartrosis Dan Diartrosis Beserta Jenis - Jenisnya

Advertisement

No comments.

Leave a Reply