Resep Makanan Anak Autis

Resep Makanan Anak Autis

Masak Sendiri Menu Khusus untuk Penyandang Autisme

Bagi Anda yang memiliki anak autis, tentunya memasak sendiri makanan anak autis jadi pilihan yang tepat. Autisme merupakan gangguan perkembangan yang berhubungan dengan perilaku dan umumnya hal ini disebabkan oleh kelainan fungsi otak.
Nah, menurut dr. Diyah Eka Andayani, M.Gizi, SpGK dalam Majalah Aulia, penyandang autis umumnya juga mengalami gangguan pada produksi enzim yang biasanya digunakan untuk menguraikan ikatan pada proses pencernaan protein. Hal inilah yang membuat anak autis umumnya juga mengalami gangguan pencernaan.
Untuk itu, makanan anak autis memang harus diperhatikan. Anak dengan autisme memerlukan menu khusus yang tidak memperburuk kondisinya. Kondisi ini memang tidak berlaku bagi semua anak dengan autisme. Tapi, ada baiknya kalau ayah dan bunda berkonsultasi pada ahli gizi anak untuk menentukan diet yang tepat atau makanan anak autis secara tepat.
Nah, secara umum, ada juga resep makanan anak autis, yang dikatakan oleh Ketua DPD Ikatan Ahli Boga Provinsi Kalimantan Barat – Angki Karyatti Wahyuningsih, sebagai masakan yang umumnya aman disantap.
Menurut beliau, jenis makanan anak autis yang aman disantap dan sehat misalnya seperti resep masakan sehat Kwetiaw Goreng berikut ini.
Resep Makanan Anak Autis
Resep Kwetiaw Goreng yang Aman untuk Anak Penyandang Autis
Bahan yang diperlukan untuk membuat kwetiaw goreng :
1.      150 gram daging giling sapi
2.      500 gram kwetiauw basap siap pakai
3.      100 gram tauge panjang
4.      2 sendok makan irisan daun bawang
5.      1 sendok makan bawang putih cincang
6.      2 sendok makan irisan seledri
7.      100 ml kuah kaldu
8.      10 gram gula aren
9.      1 sendok teh garam
10.  ½ sendok teh merica bubuk
11.  2 sendok makan minyak goreng untuk menumis
12.  2 butir telur ayam (dibuat orak – arik)
13.  2 sendok makan bawang goreng
Cara membuat kwetiaw goreng :
1.      Pertama, panaskan minyak, lalu tumis irisan daun bawang dan juga bawang putih hingga tampak layu dan berbau harum.
2.      Selanjutnya, masukkan daging lalu tumis lagi sampai matang.
3.      Tambahkan dengan kaldu serta gula aren, masak sebentar lalu beri garam dan merica bubuk. Aduk perlahan agar bahan dan bumbu tercampur rata.
4.      Selanjutnya, masukkan tauge dan disusul dengan kwetiaw. Aduk lagi hingga rata.
5.      Kemudian, masukkan orak – arik telur, lalu aduk dan beri irisan selederi serta bawang goreng. Setelah matang, angkat.
6.      Hidangan kwetiaw goreng nan lezat dan spesial untuk anak penyandang autis tercinta pun sudah siap untuk dinikmati.
Mudah bukan untuk mempraktekkan resep masakan sehat untuk penyandang autisme ini? Jadi, jangan ragu untuk memasak sendiri demi menjaga kesehatan anak Anda tercinta.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply