Resep Jambu Biji Yogurt Brule untuk Memerangi Radikal Bebas

Resep Jambu Biji Yogurt Brule untuk Memerangi Radikal Bebas

Segarnya Jambu Biji dan Yogurt Sebagai Penangkal Radikal Bebas dan Penghilang Stress

Menikmati jus buah segar memang terasa nikmatnya. Apalagi, selain bisa mendapatkan kesegaran, aneka jus buah segar pun juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Buah – buahan segar memang dikenal kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh.
Untuk itu, rajin mengkonsumsi aneka buah segar tentu akan baik bagi kesehatan. Ya, seperti mengkonsumsi jus dari jambu biji dan pepaya, yang juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.
Apa manfaat jambu biji bagi kesehatan tubuh?
Jambu biji adalah salah satu jenis buah tropis yang kaya akan manfaat kesehatan. Di dalam jambu biji, terdapat kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C yang tinggi ini sangat baik sebagai antioksidan kuat untuk memerangi radikal bebas.
Selain itu, kandungan ini pun bisa membantu otak dalam mengatasi radikal bebas yang membuat otak lemah dan saraf tertekan. Jadi, bisa dikatakan, jambu biji dan pepaya sangat baik dikonsumsi saat tubuh mengalami stress.
Dalam sebutir jambu biji saja, terdapat kandungan vitamin C yang jumlahnya 3 kali lebih tinggi ketimbang jeruk. Jumlah ini pun lebih tinggi ketimbang kandungan vitamin C dalam pepaya yang hanya memiliki 2 kali lipa dari kandungan vitamin C dalam buah jeruk.
Namun, untuk mendapatkan manfaat maksimal dari buah jambu biji, kita harus memilih buah – buahan yang benar – benar segar. Ini karena kandungan vitamin C dalam buah yang disimpan akan menurun seiring wakt. Karenanya, pastikan kamu memilih buah yang masih segar agar nilai vitamin C dalam buah masih tinggi.
Resep Jambu Biji Yogurt Brule untuk Memerangi Radikal Bebas
Resep Jambu Biji Yogurt Brule
Bahan yang diperlukan :
1.      375 gram yogurt
2.      4 – 6 sendok makan molasses atau gula halus
3.      3 buah jambu biji ukuran kecil yang sudah matang (kupas tipis kulitnya lalu belah jadi dua)
4.      1 sendok makan gula kaster alami
5.      150 ml jus apel
Cara membuat :
1.      Tempatkan yogurt di dalam pinggan tahan panas ukuran besar atau 6 mangkuk individual. Lalu ratakan permukaannya perlahan.
2.      Letakkan jambu biji, gula kaster, serta jus apel di dalam panci kecil. Kemudian tutup panci.
3.      Masak jambu tersebut di atas api kecil selama 12 hingga 15 menit. Balikkan satu kali hingga jambu terasa cukup empuk. Cek dengan cara ditusuk menggunakan pisau tajam.
4.      Angkat buah jambu ini dari atas api, kemudian jambu biji dibelah jadi empat bagian, lalu letakkan di atas loyang.
5.      Selanjutnya, panaskan oven di atas api kecil. Bila oven sudah panas, masukkan mangkuk berisi yogurt dan loyang berisi jambu niji secara bersamaan.
6.      Panggang dalam waktu 1 hingga 2 menit atau sampai gula di atas yogurt meleleh dan meletup –letup, serta sebagian dari permukaan jambu biji sudah nampak kecoklatan.
7.      Resep jambu biji yogurt brule sudah jadi dan siap untuk segera dinikmati. Jambu biji yogurt brule ini bisa disajikan selagi masih hangat, dan bila ingin lebih segar, bisa juga dimasukkan dulu ke dalam lemari es dan sajikan dingin.
Sangat mudah bukan membuat resep spesial jambu biji yogurt brule ini? Selain lezat, resep ini pun punya khasiat yang baik untuk kesehatan. Jadi, rajin – rajin mengkonsumsi menu istimewa ini, tentu sangat baik bagi tubuh.
Selama mencoba dan selamat berkreasi dengan resep spesial dari carasehatkoe ya.
Sumber : Parreta, Lorraine. 2003. Bikini Fit by Hamlyn Octopus. London: Octopus Publishing Group.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply