Resep Diet Rendah Garam untuk Penderita Hipertensi Ringan

Resep Diet Rendah Garam untuk Penderita Hipertensi Ringan

Resep Sehat Telur Bumbu Pedas untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi

Divonis menderita hipertensi? Hmm, baik itu kamu yang divonis, atau salah satu keluarga tercinta yang divonis hipertensi, pasti seketika mendengarnya, kamu akan galau dan sedih. Hipertensi memang cukup berbahaya sampai – sampai disebut juga dengan the silent killers.
Tapi, sebetulnya, bila kamu bisa memenejemen diri, alias menjalani gaya hidup sehat secara tepat, hipertensi ini bisa tetap dijalani dengan aman dan menyenangkan loh. Cukup ikuti anjuran dokter dan jalankan dengan maksimal.
Biasanya, salah satu anjuran dokter bagi para penderita hipertensi adalah dengan melakukan diet makanan. Diet ini penting dilakukan untuk menghindari aneka makanan pemicu hipertensi.
Pada beberapa penderita hipertensi, disarankan diet rendah garam khususnya untuk penderita hipertensi ringan. Diet rendah garam ini berarti batasan garam yang dikonsumsi setiap harinya adalah 1000 sampai 1200 mg Na. Atau, dengan ukuran lain, jumlah maksimal garam yang bisa dikonsumsi adalah 1 sendok teh atau 4 gram garam dapur yang bisa ditambahkan dalam pengolahan makanan.
Nah, bagi kamu yang sedang menjalani diet rendah garam, atau ada salah satu keluarga yang sedang menjalankan diet rendah garam, berikut ada resep yang bisa kamu coba. Tetap nikmat dan tetap sehat dengan resep diet rendah garam telur bumbu pedas berikut ini ya.
Resep Telur Bumbu Pedas
Bahan yang diperlukan untuk membuat telur bumbu pedas :
  1. 4 butir telur rebus (kupas kulitnya)
  2. 100 ml santan cair
  3. 5 biji petai (potong – potong)
  4. 2 sendok makan minyak goreng
Bumbu :
  1. 5 butir bawang merah (haluskan)
  2. 4 butir bawang putih (haluskan)
  3. 4 buah cabai merah (haluskan)
  4. 1 cm kunyit (haluskan)
  5. 1 sendok teh ketumbar (haluskan)
  6. 2 lembar daun jeruk
  7. 1/5 sendok teh garam halus
  8. ½ sendok teh gula pasir
Resep Diet Rendah Garam
Cara membuat telur bumbu pedas :
  1. Langkah pertama, siapkan semua bahan. Bumbu – bumbu yang perlu dihaluskan bisa dihaluskan secara bersamaan.
  2. Kemudian, panaskan minyak, lalu tumis bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit, ketumbar ditambah juga daun jeruk, sampai berbau harum.
  3. Selanjutnya, masukkan petai dan gula pasir dan lanjutkan menumis sambil diaduk rata.
  4. Kemudian, tuangkan santan dan masukkan juga telur rebus. Masak sampai bumbu meresap dan santan mengental kemudian angkat dan tuang dalam pinggan saji.
Hidangan telur bumbu pedas siap untuk disajikan hangat. Hidangan ini sangat pas bagi kamu yang sedang menjalani diet rendah garam, terutama bagi penderita hipertensi ringan.

Sumber :
dari tulisan Ulfah Nurrahmani, S.Kep,NS. dalam Nurahmani, Ulfah. 2012. Stop! Hipertensi. Yogyakarta : Familia (Grup Relasi Inti Media).

Advertisement

No comments.

Leave a Reply