Mekanisme Gerak Sadar Dan Gerak Refleks Dan Contohnya

Mekanisme Gerak Sadar Dan Gerak Refleks Dan Contohnya

Mekanisme Gerak Sadar Dan Gerak Refleks Dan Contohnya – Mekanisme Gerak Sadar dan Gerak Refleks, Gerak dibedakan menjadi dua macam yaitu gerak sadar dan gerak refleks. Gerak sadar disebut juga gerak biasa merupakan gerakan yang disengaja, misalnya menulis, berjalan, menoleh ketika disapa, makan dan membaca. 
Pada gerak sadar impuls yang diterima oleh reseptor akan dibawa ke otak oleh saraf sensorik. Sesampainya di otak, impuls akan diterjemahkan dan hasilnya dibawa oleh saraf motorik ke efektor sehingga timbul suatu respons.
Gerak refleks disebut juga gerak tak sadar. Gerak ini merupakan tanggapan cepat untuk mengubah lingkungan internal dan eksternal yang memungkinkan tubuh untuk mempertahankan “homeostatis”. Gerak refleks yang tidak hanya berkaitan dengan kontraksi otot rangka, tetapi juga berkaitan dengan fungsi tubuh, seperti denyut jantung respirasi, digesti, urinasi dan defeksi. 
Pada gerak refleks, impuls dari reseptor dibawa oleh saraf sensorik ke saraf penghubung yang ada diotak atau sumsum tulang belakang. Pada saraf penghubung, impuls tidak diolah lebih dulu, tetapi langsung dikirim ke saraf motorik untuk dibawa menuju efektor. 
Baca : Sistem Rangka (Sistem Gerak Pada manusia) Dan Jenisnya
Proses penghantaran impuls pada gerak refleks ini berlangsung sangat cepat. Pernahkah tanganmu menyentuh benda panas? Apa yang terjadi ketika tanganmu menyentuh benda panas?
Gerak refleks dibedakan menjadi dua, yaitu refleks otak dan refleks sumsum tulang belakang (refleks spinal). Di sebut refleks otak jika saraf penghubung terletak di otak dan disebut refleks sumsum tulang belakang jika saraf penghubung terletak di sumsum tulang belakang.
Mekanisme Gerak Sadar Dan Gerak Refleks Dan Contohnya
Refleks yang mengakibatkan kontraksi otot rangka disebut sebagai refleks somatik. Refleks yang menyebabkan kontraksi otot polos, otot jantung, atau sekresi kelenjar disebut refleks viseral (otonomik). Baca Sistem Otot Dan Fungsi Otot Rangka Manusia.
Sebuah pola perjalanan impuls saraf pada gerak refleks disebut dengan lengkung refleks. Komponen dasarnya meliputi reseptor, neuron sensorik, interneuron pada saraf pusat, neuron motorik dan efektor seperti yang tampak pada gambar.

Baca artikel selanjutnya : Pembagian Sistem Saraf (Sistem Saraf Pusat) Susunan Meninges

Advertisement

No comments.

Leave a Reply