Manfaat Mengejutkan Minyak Kelapa

Manfaat Mengejutkan Minyak Kelapa

Minyak Kelapa atau sering disebut minyak kletik/klentik menjadi minyak yang sering dipakai baik untuk tujuan memasak ataupun untuk tujuan kesehatan serta perawatan kulit. Minyak klentik merupakan minyak kelapa yang diolah dengan cara tradisional dengan kadar air 0,10-0,11%, dan kadar asam lemak bebas 0,08-0,09%. Apabila minyak klentik disimpan dalam wadah transparan sebulan lamanya, kadar air serta asam lemak bebas naik masing-masing menjadi 0,15-0,16% serta 0,12-0,13%. Setelah disimpan selama dua bulan, minyak menjadi tengik ditunjukkan dengan naiknya kadar air menjadi 0,18-0,20% serta asam lemak bebas menjadi 0,16-0,18%. Minyak ini berasal dari santan buah kelapa yang mudah ditemui sehari-hari.
Minyak kelapa atau minyak klentik
Minyak kelapa tidak seperti minyak goreng dalam kemasan alias curah yang banyak dijumpai di toko-toko atau supermarket yang berasal dari kelapa sawit. Minyak kelapa dipercaya mempunyai banyak manfaat. Manfaat yang sudah diketahui secara umum, minyak kelapa mempunyai manfaat besar untuk memperindah rambut. Selain itu minyak kelapa juga mempunyai khasiat bagi kecantikan kulit. Nutrisi serta vitamin pada minyak kelapa diyakini bisa menjadikan kulit lebih cantik, lebih kencang bahkan lebih putih. Banyak ahli menyatakan minyak kelapa sebagai bahan alami untuk memperoleh kecantikan kulit secara maksimal. Berikut beberapa khasiat minyak kelapa bagi kesehatan antara lain:

1. Baik untuk Diabetes

Minyak kelapa untuk mengendalikan gula darah
Minyak kelapa dipercaya mampu mengendalikan gula darah dan menambah sekresi insulin dalam tubuh. Hal ini membantu mencegah dan mengobati diabetes karena minyak kelapa dapat melepas glukosa dalam darah.

2. Baik Untuk Kulit Kepala
Minyak kelapa untuk menghilangkan ketombe dan kutu
Anda dapat terbebas dari ketombe dengan memijat kepala secara teratur dengan minyak kelapa. Selain itu hal ini bermanfaat juga unuk menjaga rambut dan kulit kepala agar terbebas dari kutu atau telur kutu dan sejumlah bakteri lain yang mengganggu kulit kepala.

3. Mengontrol Berat Badan

Minyak kelapa untuk menurunkan berat badan
Pada sebuah studi yang diadakan pada 2009 ditemukan bahwa perempuan penderita obesitas abdominal yang mengonsumsi minyak kelapa mengalami penurunan berat badan. Para peneliti tersebut menyatakan bahwa minyak kelapa ternyata sangat mudah dicerna dan dapat menjaga resistensi insulin.

4. Membasmi Infeksi Jamur

Minyak kelapa untuk mengatasi infeksi jamur
Kandungan asam lemak pada minyak kelapa yang sangat tinggi sangat penting sebagai fungisida alami bagi tubuh. Zat ini sangat ampuh melenyapkan jamur dengan masuk ke dalam membran jamur yang menjadi penentu kehidupan jamur, sehingga jamur akan hancur dan tidak bisa berkembang biak.

5. Meningkatkan Sistem Imun

Minyak kelapa untuk meningkatkan sistem imun
Lipid antimikroba, asam kaprat, asam laurat, serta asam kaprilat yang mempunyai sifat anti jamur, anti bakteri serta antivirus merupakan zat yang terkandung dalam minyak kelapa yang mampu meningkatkan sistem imun. Berbagai penelitian menyatakan, tubuh manusia mengubah asam laurat menjadi monolaurin yang sangat penting untuk melenyapkan virus serta bakteri yang menjadi penyebab penyakit semacam influenza, herpes, bahkan HIV. Bakteri lain yang bisa dibasmi dengan khasiat minyak kelapa, antara lain:
– Listeria monocytogenes
– Helicobacter pylori
– Protozoa berbahaya seperti Giardia lamblia

6. Baik untuk Kesehatan Jantung

Minyak kelapa untuk kesehatan jantung
Ada mitos penyebab kesalahpahaman yang mengatakan bahwa minyak kelapa tidak baik untuk kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan minyak kelapa mengandung lemak jenuh. Nyatanya, minyak kelapa baik bagi kesehatan jantung. Karena mengandung asam larut kurang lebih 50% yang dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dan menurunkan tekanan darah yang merupakan masalah utama pada jantung. Lemak jenuh yang terdapat pada minyak kelapa dinyatakan aman serupa dengan lemak jenuh dalam minyak sayur.

7. Perawatan Rambut

Minyak kelapa untuk memperindah dan memperkuat rambut
Manfaat minyak kelapa paling populer adalah sebagai nutrisi alami terbaik bagi rambut. Minyak kelapa menyebabkan rambut tumbuh dengan sehat serta membuatnya berkilau. Minyak kelapa juga sangat manjur dalam mengurangi hilangnya protein yang menyebabkan rambut jadi tidak sehat. Minyak kelapa dapat menjadi kondisioner alami bagi proses pertumbuhan kembali rambut rusak. Kandungan protein yang dimiliki minyak kelapa sangat diperlukan dalam proses perbaikan kerusakan rambut.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply