Manfaat Lada bagi Kesehatan

Manfaat Lada bagi Kesehatan

Mengenal Lada dan Khasiatnya bagi Kesehatan

Manfaat lada bagi kesehatan memang cukup besar. Anda sudah tahu lada bukan? Bagi Anda yang gemar memasak di dapur, Anda tentu mengenal lada. Buah lada memang cukup populer. Ya, Lada juga dikenal dengan sebutan merica. Lada merupakan buah yang berukuran sangat kecil dan  berbentuk bulat seperti bola.

Sejarah lada ini dulunya berasal dari India Selatan, Srilangka dan Malaysia yang merupakan jenis tumbuhan merambat. Lada memiliki aroma yang harum sekaligus pedas. Bila dirasakan, rasanya pun juga pedas dan sedikit pahit.
Ada dua jenis lada yang sering kita jumpai, yakni lada hitam dan lada putih. Pada dasarnya, lada hitam dan lada putih berasal dari tumbuhan yang sama. Karena tanaman lada secara umum hanya terdapat satu jenis. Perbedaan lada hitam dan lada putih hanya terletak pada pengolahan  buah lada. Lada hitam dihasilkan dari olahan buah lada yang sudah tua, namun kulit buahnya belum berwatna merah. Sedangkan lada putih berasal dari buah lada yang sudah tua dan kulitnya juga telah memerah.
Proses pengolahan buah lada diawali dengan merendam buah lada yang telah bersih dengan air mengalir selama beberapa hari. Selanjutnya, buah lada diinjak-injak sampai kulit buahnya terlepas. Setelah itu buah lada dijemur hingga kering. Buah lada pun siap untuk dikonsumsi.
Di Indonesia, buah lada hitam banyak dihasilkan di Lampung. Sedangkan lada putih banyak dihasilkan di daerah Bangka. Dalam kehidupan sehari-hari, lada sering dimanfaatkan sebagai bumbu penyedap masakan. Hidangan seperti sup, balado, rendang, dan gulai misalnya, selalu menggunakan lada. Lada juga sering digunakan sebagai bahan taburan pada makanan siap saji seperti steak. Selain untuk penyedap, lada juga dapat dimanfaatkand sebagai pengawet makanan dan industri farmasi.
Manfaat Lada bagi Kesehatan

MANFAAT KESEHATAN PADA LADA ATAU MERICA
Selain sebagai bumbu masak dan penyedap rasa, lada pun memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Lantas apa saja manfaat lada untuk kesehatan sebagai obat tradisional? Lada sering dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan seperti :
  • Mengatasi masuk angin,
  • Mengatasi rematik,
  • Mengatasi sakit kepala,
  • Mengatasi impotensi,
  • Mengatasi malaria.
  • Mengatasi diare,
  • Memperkuat selaput lendir usus,
  • serta sebagai obat kumur.
Baca juga : Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan

CARA MENGKONSUMSI LADA UNTUK KESEHATAN :
Untuk mendapatkan manfaat kesehatand ari lada cukup mudah. Caranya, ambil saja sekitar 1/2 sendok teh lada / merica, lalu campurkan dengan kopi pada takaran yang sama, kemudian seduh dengan air panas.

Baca juga : Resep Ayam Lada Hitam Panggang untuk Penderita Sakit Ginjal

Selain cara itu, lada juga bisa dinikmati dengan cara diramu dengan mencampurkannya bersama daun pepaya. Caranya, ambil lada, lalu tambahkan dengan tangkai daun pepaya, sepotong temu ireng, seperempat daun tarum dan garam. Haluskan semua bahan ini kemudian tambahkan dengan setengah gelas air. lalu, peras dan saring airnya.
Ramuan ini bisa diminum 2 – 3 kali sehari untuk mengatasi rasa sakit, atau setiap hari untuk menjaga kesehatan.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply