Makanan untuk Mempercepat Penyembuhan Tulang Retak

Makanan untuk Mempercepat Penyembuhan Tulang Retak

Ini yang Mesti Dikonsumsi Agar Tulang Retak Bisa Lebih Cepat Sembuh

Tulang retak memang sangat menyakitkan. Sayangnya, tulang yang retak atau bahkan patah ini dialami oleh cukup banyak orang. Mulai dari anak – anak sampai orang dewasa pun bisa mengalami retak tulang atau patah tulang. Penyebab tulang retak pun bisa bermacam – macam.
Ada yang karena kecelakaan kendaraan, bahkan ada yang hanya sekedar terpeleset karena terjatuh. Tulang retak ini terutama rawan terjadi pada anak – anak yang aktif melakukan permainan fisik. Saking aktifnya mereka bermain, mereka bisa terjatuh dan mengalami tulang retak karena posisi jatuhnya yang berbahaya.
Tulang anak – anak memang dikatakan masih kaya akan aneka nutrisi dan zat yang diperlukan untuk memperbaiki tulang yang retak atau patah bila dibandingkan dengan tulang orang dewasa atau bahkan tulang orang lanjut usia. Tapi, bukan berarti, tulang anak yang retak bisa dianggap lebih sepele ya.
Menurut pendapat Prof. Dr. Mangestuti, Apt, MS yang diungkapkan dalam majalah Nyata, keretakan tulang yang terjadi pada anak sangat perlu diwaspadai oleh dokter ahli tulang. Penanganannya harus tuntas dan seksama.
Ini karena penanganan yang tidak tuntas bisa sangat berbahaya. Misalnya saja berpontensi dalam menyebabkan kekambuhan pada usia lanjut kelak, mengganggu postur tubuh dan bisa menyebabkan kelainan berjalan.
Jadi, kontrol rutin dan seksama adalah hal yang wajib. Selain itu, satu hal lagi yang tak boleh dilupakan adalah soal nutrisi harian anak. Anak – anak yang sedang menderita tulang retak atau patah tulang perlu mendapatkan asupa nutrisi yang cukup yang diperlukan dalam pembentukan sel.
Makanan untuk Membantu Penyembuhan Tulang Retak
NUTRISI UNTUK PENYEMBUHAN TULANG RETAK
Lantas, apa yang harus dilakukan untuk mencukupi nutrisi bagi tulang yang retak atau patah? Ada beberapa resep yang diberikan oleh Dr Mangetuti untuk membantu penyembuhan tulang retak, yakni :
1. Konsumsi sebutir telur dan dua gelas susu berlemak setiap hari. Mengkonsumsi sebutir telur dan dua gelas susu berlemak setiap hari bisa sangat bermanfaat dalam penyembuhan tulang yang retak. Ini karena kandungan kalsium, protein dan zat gizi lain yang terkandung di dalamnya bisa sangat bermanfaat.
2. Perhatikan kualitas makanan yang dikonsumsi. Kualitas makanan harian yang dikonsumsi harus diperhatikan dengan seksama. Menghindari konsumsi makanan berpengawet dan yang mengandung bahan kimia berbahaya lain adalah hal penting. Agar lebih aman, lebih baik jika asupan gizi dan makanan disiapkan dan dibuat sendiri di rumah.
3. Minum air putih satu setengah liter sehari. Pastikan asupan air putih setiap hari setidaknya cukup untuk mencukupi kebutuhan mineralnya.
4. Perkaya asupan protein hewani dan lemak dari hewan. Protein dan lemak yang berasal dari hewan ini dirasa penting dan mampu memberikan nutrisi yang cukup bagi pembentukan kembali sel yang rusak pada tulang. Jadi, pastikan ia bisa mengkonsumsi ikan atau daging sapi secara rutin dan dengan takaran yang tepat.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply