Cara Unik Mengupas Buah

Cara Unik Mengupas Buah

Buah menjadi hidangan penutup mulut favorit bagi banyak orang sekaligus menjadi camilan sehat bagi yang sedang berdiet. Beruntunglah bagi yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia karena memiliki lebih banyak ragam tumbuhan buah yang menyegarkan dan menyehatkan. Misalnya saja buah jeruk, mangga, semangka, dan masih banyak buah lainnya. Lain jenis buah, lain pula cara mengupasnya. Cara mengupas buah ini biasanya kita dapatkan secara turun temurun dari orang tua. Tapi ternyata ada cara unik dan mudah untuk mengupas dan menikmati aneka buah yang belum banyak kita ketahui. Berikut berbagai cara unik mengupas buah:

1. Jeruk

Cara mengupas jeruk
Di Indonesia, bisa dibilang jeruk adalah buah yang selalu ada hampir di semua musim. Biasanya buah jeruk dinikmati dengan cara dikupas kulitnya lalu potongan buah jeruk dimakan satu persatu. Selain cara yang sudah umum tadi, ada cara unik lain untuk mengupas buah jeruk. Caranya dengan memotong sedikit kedua ujung jeruk. Kemudian kulit jeruk dipotong secara vertikal hingga mencapai tengah daging jeruk. Kemudian tarik buah jeruk ke kiri dan ke kanan hingga memanjang dan potongan buah jeruk yang segar pun siap disantap.

2. Kiwi

Cara mengupas kiwi
Hampir sama dengan cara mengupas jeruk, cara unik dan mudah mengupas buah kiwi adalah dengan memotong sedikit bagian di kedua ujung buah kiwi. Lalu belah sedikit buah kiwi secara vertikal atau memanjang dan gunakan sendok untuk memisahkan buah kiwi dari kulitnya. Buah hijau mungil ini pun siap dinikmati. Anda dapat melanjutkan memotongnya dengan potongan-potongan yang lebih kecil sesuai selera.

3. Pisang
Cara mengiris pisang tanpa membuka kulit
Pisang adalah buah berwarna kuning dengan bentuk memanjang yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Kebiasaan mengkonsumsi buah pisang berbeda-beda tiap orang. Ada yang mengkonsumsi buah pisang dengan cara mengupas kulitnya lalu langsung memakannya. Ada juga yang mengupas kulitnya kemudian pisang dipotong kecil-kecil terlebih dahulu baru dimakan. Ada cara unik memotong pisang sebelum dikupas yang bisa anda praktekkan. Pertama tentukan garis imajiner membujur yang akan menjadi titik potong pisang. Kemudian siapkan sebuah jarum, dan tusukkan jarum di garis imajiner bagian atas pisang kemudian geser jarum ke kiri dan ke kanan. Tarik keluar jarum tersebut dan tusukkan kembali jarum pada garis imajiner pisang di bawah tusukan yang pertama. Lakukan hal yang sama seperti pada tujukan pertama berulang-ulang di garis imajiner hingga ujung bawah pisang. Hasilnya, sekilas pisang telihat masih utuh. Tapi ketika dikupas pisang sudah terpotong-potong dan siap dimakan. Sebaiknya lakukan cara ini jika pisang akan dimakan. Karena jika pisang sudah ditusuk-tusuk dan dibiarkan agak lama, buah pisang bisa menghitam.

4. Nanas

Cara mengupas nanas
Cara umum memotong buah nanas adalah dengan memotong bagian atas nanas, kemudian mengupas kulit nanas secara keseluruhan kemudian menghilangkan bagian matanya sedikit demi sedikit sampai bersih kemudian membelahnya menjadi 4 secara vertikal dan membuang bagian tengahnya kemudian baru memotong-motongnya dengan potongan yang lebih kecil sesuai keinginan. Kini ada cara lain mengupas buah nanas yang lebih mudah dan unik. Pertama potong buah nanas menjadi 2 bagian secara vertikal. Kemudian potong menjadi 2 bagian lagi. Iris bagian atas nanas yang keras tetapi jangan sampai terputus. Iris juga bagian bawahnya. Selanjutnya potong-potong bagian tengah daging nanas lalu dorong ke kiri dan ke kanan. Nanas pun siap untuk disantap.

5. Semangka

Cara mengupas semangka
Cara yang sama dengan mengupas buah nanas bisa anda praktekkan juga pada buah semangka. Belah buah semangka menjadi 4 bagian, atau jika dirasa semangka terlalu besar bisa dibelah lagi menjadi 8 bagian. Potong bagian bawah antara buah dan kulit hingga terpisah. Potong-potong semangka menjadi beberapa bagian. Kemudian dorong ke kiri dan kanan semangka yang telah dipotong-potong tadi. Semangka menyegarkan ini pun siap untuk disajikan.

6. Mangga

Cara mengupas mangga
Ada 2 cara umum yang diketahui dalam mengupas mangga. Yang pertama adalah dengan mengupas keseluruhan kulitnya kemudian memotongnya kecil-kecil seperti umumnya orang mengupas mangga. Atau cara kedua dengan memotongnya vertikal beserta kulitnya kemudian mengiris-iris daging buahnya secara vertikal dan horizontal sehingga menyerupai kura-kura. Selain kedua cara tersebut, ada cara unik dan praktis untuk mengupas buah mangga yang belum banyak diketahui. Anda hanya perlu menyiapkan pisau, gelas, dan mangga yang telah matang sempurna. Caranya potong buah mangga secara vertikal beserta kulitnya. Kemudian tempelkan ujung potongan pada ujung gelas dan gesekkan mangga searah dengan gelas. Kulit mangga akan otomatis terkupas dan mangga yang sudah terkupas akan masuk ke dalam gelas. Cara ini dianggap cara paling mudah dan praktis dalam mengupas buah mangga karena dan tidak membuat tangan menjadi kotor.

7. Lemon

Cara memeras lemon
Lemon adalah buah yang biasanya diperas untuk diambil sarinya. Cara yang paling sering dilakukan untuk mendapatkan sari lemon adalah dengan membelah lemon secara horizontal menjadi 2 bagian lalu tiap bagian diperas. Tapi hasilnya air perasan lemon yang didapt tidak terlalu banyak. Cara ini dipercaya menghasilkan air perasan lemon yang lebih banyak daripada cara konvensional tadi. Caranya adalah dengan memotong lemon secara vertikal menjadi beberapa bagian lalu peras satu persatu. Hasilnya lebih banyak cairan lemon yang keluar dibandingkan cara yang biasa.

8. Alpukat
Ada 2 cara yang unik untuk mengupas alpukat.

Cara mengupas alpukat (cara 1)
Cara pertama: potong alpukat menjadi 2 bagian seperti biasa. Lalu potong menjadi 2 bagian lagi dan buang bijinya. Lepaskan kulit buah dengan hanya menarik ujung kulitnya. Anda bisa memakannya langsung atau iris alpukat untuk dipadukan dengan makanan lain.
Cara mengupas alpukat (cara 2)
Cara kedua: potong alpukat menjadi 2 bagian seperti biasa kemudian buang bijinya. Potong-potong alpukat secara vertikal dan horizontal menyerupai dadu. Lalu gunakan sendok untuk mengeluarkan alpukat dari cangkangnya. Alpukat yang sudah berbentuk dadu pun siap disantap langsung atau diolah menjadi panganan lain.

9. Delima

Cara mengeluarkan buah delima dari kulitnya
Cara unik mengupas buah yang terakhir adalah mengupas buah delima. Caranya adalah dengan memotong buah delima secara melintang menjadi 2 bagian. Lalu renggangkan delima dengan cara menariknya berlawanan ke berbagai arah agar biji delima di dalamnya bisa lebih mudah dikeluarkan. Terakhir pukul-pukul bagian belakang delima dengan menggunakan sendok kayu atau pegangan pisau yang dibalikkan. Dengan cara ini biji delima akan lebih mudah dikeluarkan hingga tak bersisa.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply