Cara Mudah Menghemat Kuota Internet Handphone Android

Cara Mudah Menghemat Kuota Internet Handphone Android

Cara Mudah Menghemat Kuota Internet Handphone Android – Dijaman perkembangan teknologi serta perangkat-perangkat mobile yang canggih ini, internet merupakan komoditas utama bagi hampir seluruh orang didunia. Perkembangan internet didunia begitu sangat pesat dari tahun ketahun.

Cara Menghemat Mudah Menghemat Kuota Internet Hanphone Android
Menghemat Kuota internet

Baca Juga : Kumpulan Antivirus Terbaik Untuk Handphone Android

Apalagi bagi kamu para pengguna ponsel android pastilah sangat membutuhkan koneksi internet setiap harinya, seperti yang kita tahu android merupakan salah satu perangkat mobile yang sangat banyak digunakan oleh orang-orang dibagian dunia, bahkan penjualan perangkat ini menembuas angka jutaan unit pertahunnya, dan kita tahu juga bahwa android meurpakan perangkat yang sangat memerlukan internet sebagai penunjang kerja sistem operasi dan aplikasinya.

Namun, harga yang tawarkan oleh berbagai provider sebagai penyedia layanan intenet di idonesia masih cukup mahal, dan ketersediaan wifi gratis di lingkungan kita masih terbilang langka dan jarag sekali. Maka dari itu, kita sebagai pengguna ponsel pintar ini haruslah cermat sekali dalam mengatur pengunaan / pemakaian kuota internet kita, agar tak membuat pengeluaran yang besar setiap bulannya.

Penyebab kuota Internet cepat habis
Penyebab kuota internet cepa habis adalah dikarenakan penggunaan data yang besar, biasanya terjadi ketika kamu mengupdate aplikasi / game, medownload, menonton video streaming dan membuka web site. Bahkan notifikasi dari sosial media yang selalu muncul juga bisa menjadi penyebab dari borosnya penggunaan kuota internet pada handphone kita.

Maka dari itu kita sebagai pengguna android yang juga pengguna internet haruslah memiliki beberapa cara guna membuat penggunaan kuota internet dihandphone android kita menjadi hemat, karena itulah saya akan berbagi beberapa cara agar kamu bisa menghemat kuota internet kamu.

Baca Juga : Solusi Cara Mengatasi Handphone Android Yang Lemot Dan Lambat

Cara Mudah Menghemat Kuota Internet Handphone Android 

  • Nonaktifkan Update Aplikasi Otomatis / Setting Update Aplikasi Saat Terhubung Koneksi Wifi.
    Sebagai pengguna android sudah pasti kita mempunyai aplikasi Google Playstore, tempat penyediaan aplikasi / game android ini akan mengupdate aplikasi / game yang pernah kamu instal secara otomatis jika ada pembaharuan. Terkadang update dari sebuah aplikasi atau game adalah hal yang akan memakan data internet yang besar, ini sudah pasti akan merugikan bagi kamu yang menggunakan intenet kuota. Maka dari itu ada baiknya kamu mengatasi hal ini dengan mengganti settingan google playstore kamu, mengupdate aplikasi jika terhubung dengan wifi. Untuk merubah settingannya kamu bisa masuk ke google play store kemudian pilih menu Setelan >  Perbaharui aplikasi secara otomaris > Perbaharui aplikasi secara otomatis hanya melalui wifi

  • Matikan Fitur Notifikasi di Handphone mu
    Salah satu hal yang bisa menghabiskan kuota internet mu adalah notifikasi dari sosial media, game, maupun aplikasi lainnya. Namun mungkin yang paling sering muncul notifikasi mu adalah dari social media seperti facebook, line, instagram, twitter dll. Kamu bisa mengsiasati hal ini dengan mematikan notifikasi dari aplikasi yang sering muncul, sehingga kamu tidak akan kehilangan kuota yang bnayak. Namun, jika kamu tidak mengaktifkan notifikasi berarti kamu harus secara manual mengceheck apakah ada pesan / chat dari social media mu.

    Caranya cukup mudah, pergi ke menu Setting di Handphone mu > Aplikasi / Manage Aplikasi > Pilih aplikasi yang ingin kamu nonaktifkan notifikasinya.

  • Membatasi Penggunaan Data
    Pernakah kamu merasa jika kuota internet kamu lebih boros dari sebelumnya, jika iya, mungkin itu menandakan penggunaan data intenet kamu semakin boros saja, kamu harus mengaktifkan fitur penggunaan data kemudian melakukan pembatasan terhadap aplikasi-aplikasi yang menurutmu boros.
    Setting > Data Usage > Centang Mobile Data & Set mobile data limit

  • Uninstal Aplikasi / Game Online
    Aplikasi dan game online adlah salah satu hal penyebab kuota internetmu cepat habis, maka dari itu kita untuk melakukan penghematan kepada pengeluaran data internet kamu harus menguninstal beberapa aplikasi / game online yang ada di handphone mu, gunakan aplikasi atau game online yang memang kamu butuhkan saja.
  • Matikan Data Mobile Saat Tidak Menggunakan Handphone
    Cara ini juga cukup bagus buat kamu yang ingin melakukan penghematan kuota internet, dalam sehari pasti kamu memiliki waktu untuk tidak menggunakan handphone mu, contohnya kerja, belajar, istirahat atau tidur. Nah pas saat-saat itulah kamu bisa mematikan data mobile mu, hal ini sudah saya buktikan dan terbukti cukup ampuh buat kamu yang memeng sedang ingin berhemat kuota internet.
  • Cermat Dalam Menonton / Streaming Video di Handphone
    Salah satu aktifitas kamu dihandphone yang akan memakan banyak kuota internet adalah dengan menonton atau streaming video online di handphone kamu, hal ini dikarenakan memang file video adalah jenis file yang berukuran cukup besar, maka dari itu cermatlah untuk menonton video / streaming dihandphone kamu. Lakukan cara ini : ketika bertemu wifi gratis, download lah video nya, sehingga kamu tak perlu lagi membuang-buang kuota saat tak ada koneksi wifi.
  • Gunakan Browser Yang Ringan dan hemat Data
    Hal ini juga adalaha cara bagus untuk menghemat kuota internet kamu, apalagi bagi kamu yang memang senang membaca artikel atau berita online, gunakan browser yang memang hemat penggunaan data dan paling penting tidak support flash maupun javascript, karena hal itu cukup menguras data internetmu, dan gunakan adblocker untuk mengunjungi web yang penuh dengan iklan popup dan redrect, karena hal ini juga akan sangat mengganggu kenyamanan kamu dalam browsing dan sudah pasti akan memakn kouta yang cukup besar.

Baca Juga : Tips Cara Mengatasi Handphone Yang Tidak Bisa Charging / Mengisi baterai

Menurut saya, langkah-langkah diatas cukup ampuh dan saya sendiri sudah mempraktekannya, namun kembali lagi bagaiman kita bisa mengontrol diri untuk tidak membuang-buang kuota intenernet kita. Dan usahakan cari wifi gratis jika ingin medownload atau mengupdate aplikasi maupun game kamu.

Nah segitu dulu deh Cara Mudah Menghemat Kuota Internet Handphone Android , semoga bisa membantu, bagi kamu yang punya cara lain untuk menghemat kuota internet boleh menambahkan dikolom komentar, saatnya kita berbagi trik yah…
Terimakasih telah berkunjung

Advertisement

No comments.

Leave a Reply