Cara Menggunakan Aplikasi Titanium Backup Root Android

Cara Menggunakan Aplikasi Titanium Backup Root Android

Cara Menggunakan Aplikasi Titanium Backup Root Android – Sebagai salah satu langkah preventif mengamankan aplikasi dan data jika sewaktu-waktu ponsel Android bermasalah adalah melakukan backup data. Ada banyak pilihan aplikasi untuk mem-backup data namun salah satu yang paling populer adalah Titanium Backup Root. Bila telah memiliki backup data maka saat ponsel bermasalah, pengguna bisa dengan mudah me-restore data-data sebelumnya. Namun sebelum menggunakan aplikasi ini pastikan ponsel Android sudah dilakukan root untuk memberikan akses penuh pada aplikasi ini.

Titanium Backup Root, Cara Menggunakan Aplikasi Titanium Backup Root Android, aplikasi untuk mem backup data, mudah me-restore data-data, selular,

Cara Menggunakan Aplikasi Titanium Backup Root Android

Cara menggunakan aplikasi Titanium Backup Root Android, sebelumnya unduh dahulu aplikasinya di Google Play Store. Ada versi Titanium Backup (Free Version) dan juga yang Pro Version atau berbayar. Sesudah terunduh, pasang aplikasi di ponsel dan kemudian buka. Bila perangkat android anda sudah  rooted maka terlihat centang hijau pada “Root access”. Kemudian pilih Backup/Restore dan kemudian opsi Click to edit filters dengan tujuan menyembunyikan system. Pada menu Filter by type, hilangkan tanda centang pada pilihan System. Tap centang hijau untuk menyimpan pengaturan yang baru saja dilakukan. Tentukan aplikasi mana saja yang hendak di-backup. Lalu tap pada tombol “Backup !” Sehingga dengan sendirinya tool ini akan membuat file cadangan dari aplikasi yang kita pilih.

Sementara untuk me-restore aplikasi yang dipilih tadi, tap pada tombol Restore. Muncul 3 opsi yaitu : Data only bila cuma memulihkan data aplikasi terpilih. Contohnya bila backup aplikasi LINE maka akan di-restore chat history, setting, dan lainnya. Kedua adalah App only yaitu cuma file apk yang terpasang tak termasuk data. Opsi ketiga adalah App+Data yaitu gabungan dari kedua opsi sebelumnya.

Bila memakai versi berbayar Titanium Backup maka akan ada fitur tambahan sehingga smartphone android kita selalu terlindungi data-datanya dengan backup secara terjadwal. Ketika mengaktifkan menu “Backup/Restore” maka akan muncul opsi “Schedules” yang dapat diaktifkan dengan menentukan waktu penjadwalan sendiri. Di samping itu untuk versi pro terdapat pula kemudahan ketika melakukan backup/restore yaitu cukup satu kali klik selanjutnya seluruh aplikasi akan menjalankan backup/restore otomatis lewat opsi HyperShell dan Fast/Auto app install yang berada pada menu Batch Actions.

Demikian Cara Menggunakan Aplikasi Titanium Backup Root Android, semoga bermanfaat untuk anda.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply