Cara Menggunakan Aplikasi Penambah RAM Android : Swapper for Root

Cara Menggunakan Aplikasi Penambah RAM Android : Swapper for Root

Cara Menggunakan Aplikasi Penambah RAM Android : Swapper for Root – Yang harus dimengerti terlebih dulu bahwa menambah kapasitas RAM internal Android tak dapat dilakukan. Meningkatkan daya tampung RAM Android tak berarti dengan mengganti RAM onboard yang telah terpasang. Bila RAM onboard Android smartphone Anda besarnya 512 MB maka jangan harap anda bisa menggantinya dengan kapasitas 1 GB. Menambah RAM Android artinya menciptakan virtual memory lewat berbagai cara yang salah satunya dengan aplikasi penambah RAM Android.
Aplikasi penambah ram android, swapper for root, fitur swapper for root, zram, selular, swap file, swap partition, zram

Cara Menggunakan Aplikasi Penambah RAM Android : Swapper for Root

Kegunaan virtual memory adalah semacam RAM bayangan yang akan mendukung unjuk kerja RAM internal baik secara foreground ataupun background. Virtual memory bisa dibuat dengan beberapa cara diantaranya adalah Swap File, Swap Partition dan ZRAM. Swap File yaitu menciptakan virtual memory dengan menggunakan file yang ditempatkan pada kartu SD. Sementara Swap Partition menggunakan partisi pada SD Card yaitu membuat partisi ulang dua atau tiga bagian dimana partisi terakhir bertindak sebagai system. ZRAM memanfaatkan sebagian ruang RAM onboard untuk kemudian di-kompres dan digunakan menjadi virtual memory.
Virtual memory pada ponsel Android seharusnya memang tak usah disetel dengan angka besar sebab intinya semua proses komputasi tetap mengandalkan RAM internal. Paling banyak virtual memory sebesar 256 MB sudah mencukupi memperlancar multitasking. Menyetel virtual memory hingga 1 GB tak akan memberi pengaruh pada peningkatan performa ponsel Android. Berikut adalah salah satu aplikasi penambah RAM Android yang bisa digunakan yaitu Swapper for Root. Unduh gratis di toko aplikasi Google Play dengan link https://play.google.com/store/apps/details?id=org.azasoft.free.swapper&hl=in.
Aplikasi penambah RAM Android Swapper for Root ini tak mensyaratkan partisi kartu SD namun cukup memanfaatkan ruang memori eksternal untuk menempatkan swap file. Namun sebelumnya ponsel Android harus sudah dalam kondisi rooted. Unduh aplikasi Swapper for Root selanjutnya pasang do ponsel. Jalankan Swapper for Root dan centang pada opsi “Active swap on boot”. Tap pada opsi “SD Card FAT Partition” di “Swap File Partition”. Berikutnya
ketikkan besaran kapasitas swap RAM yang diinginkan. Sesuaikan besar kapasitas swap RAM tergantung denga space memori eksternal yang masih tersedia. Akhiri dengan tap tombol Save. Nantikan sampai swap file siap kemudian lakukan restart ponsel Android.

Demikian Cara Menggunakan Aplikasi Penambah RAM Android : Swapper for Root, semoga bermanfaat untuk anda.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply