Cara Mengatasi Keringat Buntet

Cara Mengatasi Keringat Buntet

Lakukan Ini Agar Tak Terganggu Oleh Keringat Buntet

Keringat buntet memang seringkali jadi masalah yang sangat menyebalkan. Karena keringat buntet, kulit pun jadi memerah dan rasanya pun panas, gatal dan tak nyaman. Keringat buntet ini paling banyak menyerang anak kecil yang kulitnya memang masih sensitif.
Tapi, ternyata remaja dan orang dewasa pun juga bisa terserang gangguan keringat buntet ini. Keringat buntet umumnya disebabkan oleh kebuntuan kelenjar keringat sehingga keringat pun terjebak di bawah kulit karena tidak bisa keluar.
Kebuntuan kelenjar keringat ini mudah menjadi tempat bagi bertumbuhnya bakteri. Nah, dari perkembangan bakteri inilah yang membuat kulit menjadi gatal dan bahkan sampai bisa menimbulkan luka.
Keringat buntet ini banyak menyerang orang – orang di daerah beriklim tropis yang lembab dan ketika musim panas. Pada dasarnya, gangguan keringat buntet ini ada beberapa macam. Ada serangan keringat buntet yang ringan dan hanya membuat kulit memerah, dan ada juga yang sampai bisa menimbulkan kondisi yang parah.
 Cara Mengatasi Keringat Buntet

Tips untuk Mengatasi Gangguan Keringat Buntet

Jika keringat buntet sudah parah, maka disarankan harus sesegera mungkin menemui dokter. Namun, jika gangguan keringat buntet ini masih cukup ringan, maka bisa juga diatasi dengan beberapa cara sederhana yang disampaikan oleh Prof. Dr. Mangestuti, Apt, MS berikut ini. Ini dia cara mengatasi keringat buntet.
1.    Cara paling umum untuk mencegah timbulnya gangguan keringat buntet adalah dengan mencegah keluarnya keringat escara berlebihan semaksimal mungkin. Misalnya saja dengan memilih ruangan yang bersuhu dingin, atau yang memiliki pendingin ruangan atau dengan kipas angin.
2.      Mandi sesering mungkin dengan menggunakan sabun antiseptic
3.      Menggunakan bedak antiseptic di seluruh bagian kulit yang terserang keringat buntet atau yang biasa terserang keringat buntet
4.    Untuk sementara waktu, hindari dulu menggunakan kosmetika yang berbasis minyak agar tidak terjadi kebuntuan kelenjar keringat
5.     Lakukan scrub pada kulit secara teratur, setidaknya dua kali dalam satu minggu. Untuk scrub kulit, kamu bisa menggunakan bubuk havernut yang diencerkan sedikit demi sedikit dengan campuran air sampai seperti bubur. Lalu, oleskan bubur ini pada kulit sembari digosok – gosok hingga kering. Lalu, bilas dengan menggunakan air hangat.
6.  Untuk membantu mengatasi buruknya gangguan pada keringat buntet ini, cobalah mandi uap dengan menggunakan resep tradisional berikut : bunga mawar, bunga melati, bunga kenanga, kulit kayu (mesoyi), rimpang kunyit, daun jeruk purut, temu garing, serta dapat juga ditambahkan bahan lain yang berbai wangi.
Rebus bahan – bahan ini sampai mendidih, lalu letakkan dalam wadah dan bawa ke kamar mandi. Letakkan wadah berisi rebusan aneka bahan yang masih panas ini di bawah bangku. Kemudian, duduklah di atas bangku tersebut sambil menutup seluruh tubuh dengan menggunakan selembar kain sarung.
Biarkan uang dari rebusan ini mmebasahi seluruh tubuh selama 20 hingga 30 menit. Kemudian, diamkan sejenak. Lalu, kamu bisa segera berpakaian seperti biasa. Lakukan mandi uap ini setidaknya seminggu sekali.
Dengan melakukan mandi uap ini, maka pengeluaran kotoran yang dapat menutup pori kulit bisa lebih terbantu.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply