Berapa Tinggi dan Berat Badan Ideal Anak 1 Tahun ke Atas?

05-_IMG_Wyeth-Nutrition_NeedContent_Sept-2017_Mengukur-Tumbuh-Kembang-Anak-saat-Usia-1-Tahun

Apa Anda rajin membawa si kecil ke Posyandu atau Puskesmas setiap bulan untuk diukur tinggi dan berat badan ideal anak? Memang hal ini terdengar sepele, namun sebenarnya ini harus dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pertumbuhan buah hati Anda. Lalu, berapa sih tinggi dan berat badan yang ideal untuk anak usia satu tahun ke atas itu?

Pertumbuhan Anak Bisa Dilihat dari Tinggi dan Berat Badannya

Anda mungkin masih bertanya, kenapa sih harus mengetahui tinggi dan berat badan si kecil secara rutin? Sebenarnya, hal ini dilakukan untuk mengetahui pertumbuhan si kecil secara fisik. Tinggi dan berat badan anak adalah tolak ukur pertumbuhan fisik untuk mengetahui seberapa sehat dan bagus perkembangannya.

Ketahuilah, pertumbuhan anak di usia kecil sangat mempengaruhi pertumbuhannya di masa depan nanti. Anak yang pendek di usia kecil sangat berkemungkinan besar juga pendek di masa depannya. Begitu juga dengan sebaliknya. Mengetahui seberapa berat dan tinggi badan ideal anak bisa membuat Anda mengetahui gambaran status gizi si kecil tersebut.

Selain itu, dengan mengetahui seberapa tinggi dan berat bada si kecil, juga bisa membantu Anda menyediakan hal-hal yang dibutuhkannya seperti lingkungan yang baik, makanan yang bergizi dan sehat untuknya serta untuk memastikan bahwa si kecil mendapatkan istirahat yang cukup. Jangan lupa, ajarilah si kecil untuk berolahraga juga.

Berapa Tinggi Badan Ideal Anak Usia 1 Tahun ke Atas?

Perlu Anda ketahui, pertumbuhan tinggi anak usia satu tahun ke atas tidak sama dengan anak lainnya. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda tidak membandingkan seberapa tinggi anak Anda dan anak orang lain. Pertumbuhannya lambat bukan berarti pendek terus-terusan. Anda bisa membantunya untuk terus bertumbuh.

Untuk tinggi ideal anak usia satu tahun, anak perempuan biasanya memiliki tinggi sekitar 68,9 hngga 79,2 cm saja. Sedangkan untuk anak laki-laki sekitar 71 hingga 80,5 cm. Untuk anak usia 2 tahun, perempuan memiliki tinggi 80 hingga 92,9 cm sedangkan untuk anak laki-laki adalah 81,7 sampai 93,9 cm saja.

Usia 3 tahun beda lagi. Anak perempuan tinggi idealnya adalah 87,4 sampai 102,7 cm dan anak laki-laki 88,7 sampai 103,5 cm. Usia 4 tahun, ideal anak perempuan adalah 94,1 sampai 111,3 cm dan anak laki-laki 94,9 sampai 111,7 cm. Terakhir, untuk usia 5 tahun, anak perempuan memiliki tinggi 99,9 hingga 118,9 cm dan laki-laki 100,7 hingga 119,2 cm saja.

Berapa Berat Badan Idealnya?

Sedangkan untuk berat badan ideal anak usia 1 hingga 5 tahun adalah 7 hingga 11,5 kg untuk anak perempuan satu tahun dan 7,7 sampai 12 kg untuk laki-lakinya. Usia 2 tahun, memiliki berat ideal 9 hingga 14,8 kg untuk perempuan dan 9,7 hingga 15,3 kg untuk laki-laki. Usia 3 tahun beda lagi. 10,8 hingga 18,1 kg untuk anak perempuan.

Sedangkan untuk anak laki-laki adalah 11,3 sampai 18,3 kg. Usia 4 tahun, 12,3 hingga 21,5 untuk perempuan dan 12,7 smpai 21,2 kg untuk laki-laki. Terakhir, usia 5 tahun adalah 13,7 hingga 24,9 untuk perempuan sedang laki-lakinya 14,1 hingga 24,2 kg. Jika kurang dari itu, mereka perlu asupan gizi lebih banyak. Jika lebih, itu menandakan si kecil obesitas.

Nah, sudah tahukan berapa tinggi dan berat badan ideal anak usia satu hingga 5 tahun itu? Anda harus lengkapi gizinya supaya bisa masuk kategori tersebut, ya! Tapi jangan sampai berlebihan juga. Salah satu caranya adalah dengan memenuhi nutrisinya dengan memberikan susu Friso. Friso, mengandung berbagai nutrisi dan gizi yang dibutuhkan si kecil Anda.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply